Gunung Api Karangetang Level III Siaga

 

SITARO, SASTALPos.com-Laporan aktivitas Gunung Api Karangetang yang ada di Kabupaten Kepulauan Sitaro, periode pengamatan (06-01-2019) dengan kesimpulan Level III (Siaga).

Sementara secara visual gunung jelas hingga kabut 0-II serta Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 150 meter di atas puncak kawah. Bahkan juga asap kawah dua putih tipis, tinggi lk 50m. Dan suarah gemuruh lemah sesekali terdengar, juga
guguran lava ke arah kali Batuare lk 1000-2000m.

Oleh karena itu, direkomendasikan masyarakat di sekitar Gunung Karangetang dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam radius 2.5 km dari Kawah 2 (kawah utara) dan Kawah Utama (kawah Selatan) ke arah Utara-
Timur-Selatan-Barat dan radius 3 km ke arah Baratlaut.

“Bahkan masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai,” kata Didi Wahyudi, petugas pengamatan Gunung Api Karangetang, di Kampung Salili, Minggu (6/1/2018).

Selain itu juga, masyarakat disekitar Gunung Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu. (Jas)