by

Smart SIM, Kini Sudah Bisa Dicetak di Satlantas Polres Sangihe

SANGIHE, SASTALPos.com – Setelah peluncuran secara resmi 22 September 2019 lalu kini Polres Sangihe melalui Satuan Lalulintas sudah bisa mencetak langsung Smart SIM ( SIM Pintar) bagi pengurusan baru maupun perpanjangan.

Kapolres Sangihe, AKBP Sudung F Napitu, SIK melalui Kasat Lantas IPTU Awaludin Puhi, SIK menjelaskan Smart SIM merupakan bagian dari inovasi pelayanan publik di bidang lalu lintas yang berbasis IT

” Smart SIM menyimpan cip dengan kapasitas yang sudah disesuaikan untuk merekam data pemegang SIM,” Kata Puhi

Menurutnya ada beberapa keunggulan dalam Smart SIM yang desainnya diakui sangat berbeda dari SIM yang beredar di masyarakat saat ini.

” Smart SIM dilengkapi dengan cip yang akan menyimpan seluruh data identitas pemegang SIM secara detail, termasuk rekam jejak pelanggaran (traffic attitude record) serta transaksi pembayaran uang elektronik,” Kata Kasat yang Kreatif ini.

Dijelaskannya pula, soal Smart Sim bisa menyimpan uang dalam implementasinya, Smart SIM ini baru akan dapat memiliki fitur uang elektronik setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia, sehingga dapat digunakan untuk pembayaran toll, parkir, MRT, KRL Commuter line, dan lainnya.

” dengan adanya penambahan fitur dan fungsi yang ada pada Smart SIM, pemegang kartu juga akan merasa lebih nyaman, aman, dan dimudahkan. Nantinya, pemegang smart SIM dapat melakukan pengisian (top up) dana pada kartu melalui ATM yaitu BRI, BNI, dan Mandiri. Batas maksimum saldo yang bisa diisi mencapai Rp 2 juta. Tetapi, tergantung dari pemilik Smart SIM itu, mau diaktifkan atau tidak fitur pembayaran elektroniknya,” paparnya, seraya menghimbau bagi pengemudi yang belum memiliki SIM untuk dapat mengurusnya dan memperpanjang kembali apabila habis masa berlakunya.

Penulis: Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed