by

Kemenhub Bantu Warga Kepulauan Dengan KM. Sabuk Nusantara 109

SANGIHE, SASTALPos.com – Kementerian Pehubungan melalui Dirjen Perhubungan Laut kembali memberikan alokasi bantuan ke PT. PELNI homebase Tahuna satu unit Kapal Perintis KM. Sabuk Nusantara 109 yang diserah terimakan Rabu, (4/12/2019) di Pelabuhan Tahuna.

Menurut Ramansa Husein dari Dirjen Perhubungan Laut menjelaskan kapal perintis ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk menunjang program Presiden guna wilayah perbatasan dan soal biaya operasionalnya disubsidi oleh pemerintah pusat.

” kami berharap Tahuna akan lebih maju kedepan dengan ketambahan armada perintis untuk melayani wilayah pulau – pulau yang ada,” Kata Husein

Pelaksana Tugas Kepala Kantor Unit Penyelengara Pelabuhan kelas II B Tahuna Leonard Liput kepada sastalpos.com menjelaskan kehadiran KM. Sabuk Nusantara 109 ini mampu menjawab kebutuhan warga di pulau terluar dan terpencil, dimana kapal ini juga mampu menampung 500 penumpang.

” sudah 4 Armada perintis dimana 2 armada homebase Tahuna dan duanya lagi berkedudukan di Bitung, ” jelasnya

Menurut Liput soal rute nantinya akan dibicarakan lagi dengan pemerintah daerah terkait dengan kebutuhan masyarakat pulau, walaupun awalnya sudah ada penetapan rute oleh Dirjen Perhubungan laut namun bisa berubah disesuaikan dengan kebutuhan,

” sudah ada pembicaraan dengan pemerintah daerah untuk penyesuaian rute, ” terangnya. Seraya berharap aset pemerintah pusat ini dapat dijaga bersama dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sementara itu, pihak Operator PT. Pelni Hamdan Janis ketika diwawancarai mengatakan kapal perintis sudah lengkap tinggal menambah beberapa ABK dan siap untuk dioperasikan,

” minggu depan sudah bisa beroperasi tinggal menunggu infloi dari pusat soal rute, ” papar Janis

Disinggung soal rute, nantinya Kapal perintis tersebut akan melayani Kabupaten Sangihe, Sitaro, Bitung dan Minsel,

” jadi rutenya pulau – pulau seperti Kawio, Kawaluso, Marore, Lipang, Bukide Matutuang, Para, Kahakitang termasuk pelabuhan Peta,” Tutupnya.

Penulis : Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed