by

Warga Sangihe Keluhkan Pemadaman Listrik, Ini Kata PLN Area Tahuna

SANGIHE, SASTALPos.com – Pemadaman listrik berjadwal maupun tidak berjadwal terjadi hampir dua pekan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, dikeluhkan warga Tahuna. Keluhan ini langsung ditanggapi oleh pihak manajemen PT PLN Area Tahuna melalui Manager KSA UP3 Akbar Akili.

Menurut Akili, terjadinya pemadaman terjadwal ini disebabkan adanya gangguan mesin di PLTD Tahuna dan PLTM Ulung Peliang Tamako akibat Banjir bandang. Sehingga mengalami defisit daya. Dan gangguan sejumlah jaringan akibat cuaca buruk diawal tahun ini.

“ benar adanya gangguan , dan sementara dilakukan perbaikan 4 unit mesin oleh 10 tenaga teknisi,” Kata Akili kepada wartawan pada jumpa pers Sabtu, (18/1/20) siang.

Dijelaskannya, untuk saat ini daya mampu 7.140 KW untuk memenuhi pasokan listrik di seluruh Kabupaten kepuluan  Sangihe, sementara beban puncak yang terjadi antara pukul  17 : 00 wita  – 20: 00 wita mencapai 7.970 Kwh sehingga terjadinya defisit daya sebanyak 830 KW.

“ kalau PLTM Ulung Peliang tidak mengalami gangguan system akibat bencana alam tentu bisa membantu untuk mengatasi defisit daya tersebut, sebab PLTM Upel ini memiliki daya 800 KW,” Tandasnya.

Disinggung terkait dengan pemadaman tidak terjadwal dirinya menjawab tidak ada faktor kesengajaan murni faktor alam cuaca buruk seperti angin kencang, sehingga adanya pohon yang tumbang menimpa jaringan listik,

“ Soal pemadaman tidak terjadwal ini murni disebabkan faktor alam,” Ungkapnya seraya menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terganggu akibat adanya pemadaman tersebut.

 

Penulis : Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed