by

Politeknik Negeri Manado, Bantu Alat Permainan Edukasi Motorik di TK Kartini Kolongan Beha Baru

SANGIHE, SASTALPos.com – Politeknik Negeri Manado melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan melakukan kegiatan Pembuatan alat permainan edukasi motorik di TK Kartini Kolongan Beha Baru Kecamatan Tahuna Barat Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang dipimpin langsung oleh ketua Tim Franklin Bawano, ST.,MT dan Anggota Ir Johanes M. Mawa, MT selama tiga hari Rabu – Jumat (16-18/9/2020).

Ketua Tim PKM Franklin Bawano, ST.,MT menyerahkan bantuan alat permainan edukasi motorik kepada pimpinan TK Kartini Yuke Erwina Makasihi. (foto:Dokumentasi tim)

Menurut ketua Tim PKM Franklin Bawano, Politeknik Negeri Manado adalah salah satu perguruan tinggi yang berada di propinsi Sulawesi Utara dimana pendidikan tinggi yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu yang hadir ditengah masyarakat dalam pembentukan sumber daya manusia. Kehadiran Politeknik Negeri Manado di tengah masyarakat melalui proses pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, pengabdian pada masyarakat.

“ Melalui pengabdian masyarakat maka perlunya peningkatan sarana pembelajaran seperti alat permainan edukasi motorik terutama di TK Kartini Kolongan Beha Baru dengan adanya alat permainan edukasi motorik dapat membantu tugas pengajar dalam proses belajar mengajar di TK Kartini terutama bagi anak-anak didik dalam mengembangkan aktivitas motoric,” Kata Bawano

Bawano berharap semoga dengan pembuatan alat edukasi motorik ini dapat membantu dalam peningkatan sarana pembelajaran yang ada.

Foto bersama dengan Pihak TK Kartini dan Tim PKM serta para pekerja, (foto:Dokumentasi tim)

“ Pada kesempatan ini kami sebagai pelaksana berterima kasih pada pemerintah Kelurahan Kolongan Beha Baru ibu Meny Woinalang, S.Pd yang menerima kami untuk melakukan kegiatan dimaksud dan juga terimakasih banyak kepada pimpinan TK Kartini ibu Yuke Erwina Makasihi yang menunjang kerja sama pengabdian masyarakat ini hingga terlaksana dengan baik,”

Pihak pimpinan TK Kartini Yuke Erwina Makasihi selaku sekolah yang penerima PKM ini, mengapresiasi kegiatan program kemitraan masyarakat yang dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Manado dalam hal pembuatan alat permainan edukasi motorik di TK kami yaitu TK Kartini Kolonga Beha Baru.

“ Alat permainan yang berjumlah 2 buah yaitu ayunan dan jungkitan amat berdampak bagi anak-anak TK Kartini /PAUD dalam hal membentuk perilaku anak seperti: mau menunggu giliran, tidak egois, dan kebersamaan bersama teman –temannya,” jelas Makasihi

Ditambahkanya, melalui permainan anak-anak pun sudah belajar seperti prinsip PAUD belajar sambil bermain, bermain seraya belajar,” Oleh karena itu saya selaku pimpinan TK Kartini mengucapkan terimakasih kepada pihak politeknik Negeri Manado dalam hal ini yang diwakili oleh salah satu tenaga pengajar/dosen yaitu Bpk. Franklin Bawano, ST.,MT yang sudah memfasilitasi alat permainan ini,” Sebutnya seraya berharap semoga program ini bisa berlanjut lagi kedepannya di daerah kepulauan Sangihe.

Sementara itu, Lurah Kolongan Beha Baru Meny  Woinalang, S.Pd mengatakan selaku pemerintah setempat mengapresiasi kegiatan Program Kemitraan Masyarakat yang dilaksanakan oleh Politeknik Negeri Manado dalam pembuatan alat permainan edukasi motorik di TK Kartini Kolongan Beha Baru.

“ Tentunya dengan program ini dapat membantu proses kegiatan di sekolah para pendidik (guru) dengan adanya alat permainan ini. Oleh dan sebab itu saya selaku pemerintah merasa bersyukur atas terlaksananya program kemitraan masyarakat ini karena dengan sekian banyak sekolah yang ada, TK  Kartini boleh mendapat alat permainan ini, dan ini bukan secara kebetulan tetapi atas  rencana Tuhan,” tandas Woinalang

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih yang tulus kepada Politeknik Negeri Manado dalam hal ini kepada Franklin Bawano, ST.,MT yang sudah memfasilitasi dan terimakasih kepada Samuel Mauso, SH yang sudah membatu dalam penyelesaian alat permainan ini.

“ Kiranya alat permainan ini boleh berguna dan bermanfaat bagi anak – anak TK Kartini dan masyarakat Kolongan Beha Baru,” harapnya.

Penulis  : GUN

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed