by

Polnustar Peduli Covid- 19, Sosialisasi Manfaat Vaksinasi di GMIST Maranatha Kelurahan Soataloara Tahuna

SASTSALPos.com – Sampai saat ini Pandemi Covid – 19 masih menjadi permasalahan dunia yang serius dengan jumlah kasus yang  mengalami peningkatan setiap hari. Corona virus yang sedang menjadi wabah diseluruh dunia dikenal dengan nama Severe Acure Respiratory Syndrome Corona Virus 2 (SARS-Cov-2). Virus SARS-2 pertama kali dilaporkan di Kota Wuhan Tiongkok Tengah pada akhir bulan Desember 2019 dan telah menyebar keseluruh dunia.

Menyebarnya penyakit Covid-19 di seluruh dunia untuk semua Negara dan menyerang setiap orang dengan berbagai penyakit infeksi sehingga menyebabkan kematian. Begitu halnya di Kabupaten Kepulauan Sangihe yang mengalami kenaikan jumlah kasus posistif, sehingga menjadikan Politenik Negeri Nusa Utara ( POLNUSTAR) terpanggil untuk melakukan sosialisasi tentang pencegahan covid-19 dan manfaat Vaksinasi bagi masyarakat, yang dilaksanakan pada Sabtu, (3/7/2021) Pukul 06.00 s.d 10.00 Wita bertempat di Keluarga Kekasih Jacobs yang merupakan salah satu anggota jemaat GMIST Maranatha Tahuna.

Menurut Tim pengabdian kepada masyarakat jurusan Kesehatan Program Studi Keperawatan POLNUSTAR yang terdiri dari 5 orang dosen yaitu Ns.Melanthon Junaedi Umboh,S.Kep,M.Kes, Detty Jeane Kalengkongan,S.Kep,Ns, M.Kes, Yeanneke Lisbet Tinungki, S.Kep,Ns,M.Kes, Gracia Christy Tooy, SKM,M.Kes dan Meityn Disye Kasaluhe, SKM.,MPH. bahwa pelaksanaan sosialisasi ini dilakukan dilingkungan gereja GMIST Maranatha Tahuna dikarenakan Gereja ini terletak di Pusat Kota Tahuna terlebih Kelompok Wilayah Pelayanan (KWP) 13 yang beranggotakan 35 Kepala Keluarga, maka perlu adanya upaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang pencegahan COVID-19 serta manfaat vaksinasi Covid -19 kepada warga jemaat agar warga dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin serta terhindar dari hoax terkait vaksinasi covid-19.

Penyuluhan Tentang Manfaat Vaksinasi Covid-19

“ Melalui sosialisasi ini agar masyarakat mampu menjaga imunitas tubuh di masa pandemi dengan melakukan aktivitas fisik dan olahraga, memantau derajat kesehatan pribadi dengan melakukan pemeriksaan gula darah, asam urat serta kolesterol.  Kegiatan ini juga bertujuan agar masyarakat semakin disiplin dalam melaksanakan serta mematuhi protokol Kesehatan,” Ungkap  Melanthon  Umboh ketua tim Pengabdian Kepada Masyarakat.

Dalam sosialisasinya Tim POLNUSTAR menekankan pentingnya Vaksinasi bagi warga jemaat, mulai dari sumber vaksin yang akan digunakan, prosedur vaksinasi, serta efek pasca vaksin. Vaksinasi merupakan salah satu cara yang dilakukan agar Pandemi Covid -19 perlahan-lahan berkurang.

“ Dalam diskusi terdapat beberapa pertanyaan peserta terkait beberapa video yang beredar di sosial media yang menyebutkan bahwa vaksinasi Covid-19 memiliki efek samping hingga dapat menyebabkan kematian. Tim pengabdian mengkonfirmasi bahwa informasi yang beredar terkait video tersebut bukanlah informasi yang dapat dibuktikan kebenarannya  serta tidak berasal dari sumber yang terpercaya atau resmi dari pemerintah,” Papar Tim.

Sebelum memberikan materi Pengabdian Masyarakat Polnustar tersebut mengajak langsung peserta melakukan olahraga bersama, dan usai sosialisasi melakukan pemeriksaan kesehatan peserta berupa pengecekan tekanan darah, kadar kolesterol dalam darah, kadar gula darah serta kadar asam urat oleh dr.Grath I Hamel, S.Ked.

“ Kami tidak hanya memberikan edukasi Vaksinasi saja, tetapi mengajak peserta berolahraga dan pemeriksaan kesehatan,  sebab deteksi kesehatan secara rutin sangat penting, karena seseorang tidak tahu kapan datangnya penyakit. Pemeriksaan kesehatan sendiri adalah suatu rangkaian uji kesehatan yang dilakukan secara menyeluruh dengan tujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan secara berkala. Jadi dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kita dapat mengetahui sejak dini penyakit apa saja yang sudah bersarang atau kemungkinan menyerang tubuh kita,”ungkap Tim Pengabdian.

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Melanthon J Umboh ketika membawahkan sosialisasi

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sangihe, Pnt. Sonny Kapal, MM yang juga adalah BPMJ GMIST Maranatha Tahuna dan Staf Ahli Bupati Sangihe E.H Unas.

Selain Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Polnustar, juga hadir dr. Grath I Hamel,S.Ked.  yang memberikan materi penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan.

Diketahui, dari hasil kegiatan yang dapat terlaksana, dapat disimpulkan bahwa kegiatan penyuluhan  berjalan dengan baik,  terbukti dari antusias mitra saat kegiatan berlangsung. Setelah dilakukan penyuluhan, terdapat peningkatan pengetahuan tentang Covid-19 dan manfaat vaksinasi. Hal tersebut membuat mitra sasaran bersedia untuk mengikuti vaksinasi massal yang akan dilaksanakan. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed