by

Dosen TPHL POLNUSTAR Berikan Pelatihan Pembuatan Nugget Ikan di Tabukan Utara

SANGIHE, SASTALPos. Com – Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi diantaranya Pengabdian Kepada Masyarakat, dosen Jurusan Perikanan dan Kebaharian Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Laut (TPHL), memberikan pelatihan dalam mengolah ikan sehingga bisa menjadi sesuatu yang memiliki nilai tambah bagi masyarakat. Kegiatan yang dilakukan yaitu PKMS Diversifikasi Produk Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan Bagi Kelompok Pengolah Ikan di Kampung Bengketang Kecamatan Tabukan Utara Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kegiatan tersebut diketuai oleh Jefri A. Mandeno, S.Pi,M.Si, bersama anggota Novalina Maya Sari Ansar, S.Pi,M.Si memberikan pelatihan tentang pembuatan nugget ikan bagi kelompok pengolah ikan dengan tujuan dapat meningkatkan ketrampilan peserta dalam pengolahan ikan khususnya diversifikasi produk perikanan.

” Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat serta mampu membuat olahan makanan berbahan dasar ikan sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi hasil tangkapan perikanan, serta meningkatkan gizi masyarakat terutama anak-anak pada masa tumbuh kembang,” Papar Mandeno yang merupakan Wakil Direktur Bidang kemahasiswaan ini.

Menurutnya, pelatihan ini lebih dikhususkan bagi kelompok ibu- ibu pengolah ikan dan Ibu – ibu Kader Posyandu Kampung Bengketang.

Kelompok ibu – ibu saat melakukan pelatihan

” Dengan melimpahnya hasil laut yang ada di kepulauan Sangihe, mampu dimanfaatkan oleh para kelompok ibu – ibu pengolah ikan untuk diolah menjadi Nugget, sehingga hasil olahan ini bisa memenuhi gizi anak usia dini di kampung, ” Kata Dosen Perikanan ini.

Sementara itu, Kepala kampung Bengketang Desmon Lesawengen mengapresiasi adanya pelatihan bagi kelompok Ibu – Ibu yang ada di Kampung Bengketang dimana adanya pelatihan ini akan memberikan solusi dalam pengolahan ikan menjadi Nugget yang memiliki nilai gizi yang tinggi.

” Sebagai kepala kampung, merasa berterima kasih atas kehadiran Tim PKMS POLNUSTAR yang sudah datang, memberikan pelatihan, semoga apa yang diterima hari ini. Akan bermanfaat bagi perkembangan kampung baik dalam Diversifikasi Produk Olahan Makanan Berbahan Dasar Ikan maupun dalam peningkatan Gizi masyarakat, ” Ungkap Lesawengen. (ADV).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed