by

Tim PKMS POLNUSTAR, Berikan Penyuluhan Teknik Pengoperasian Pancing Bottom Hand Line Bagi Kelompok Nelayan Nanunga

SANGIHE, SASTALPos. Com – Adanya permasalahan yang sering dihadapi oleh nelayan dalam menguasai teknologi pengoperasian penangkapan ikan Demersal, mendorong tim pengabdian kepada masyarakat POLNUSTAR Jurusan Perikanan dan Kebaharian Program Studi Teknologi Penangkapan Ikan melakukan kegiatan pengabdian di Kampung Bengketang Kecamatan Tabukan Utara pada Kelompok Nelayan “Nanunga”  Sabtu, 28 Agustus 2021.

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut yang menjadi ketua Tim PKMS Fitria Fresty Lungari, S.Pi.,M.Si beranggotakan Joneidi Tamarol, S.Pi.,M.Si dan didampingi oleh mahasisw. Selain melakukan kegiatan penyuluhan dengan materi Teknik
Pengoperasian Pancing Bottom Hand Line juga memberikan stimulan pada kelompok nelayan berupa bahan dan alat penangkapan ikan sejumlah 5 unit pancing ulur dasar.

Pemberian bahan dan alat penangkapan ikan sejumlah 5 unit pancing ulur dasar. 

Pada kesempatan tersebut Fitria Lungari menjelaskan bahwa kegiatan pengabdian ini merupakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi dalam mengimplementasikan teknologi sesuai dengan landasan keilmuan yang dimiliki dosen untuk diimplementasikan kepada masyarakat agar terjadi transfer teknologi antara dunia kampus dan masyarakat nelayan.

” Selain memberikan penyuluhan Teknik
Pengoperasian Pancing Bottom Hand Line kami juga memberikan stimulan pada kelompok nelayan berupa bahan dan alat penangkapan ikan sejumlah 5 unit pancing ulur dasar, agar para kelompok nelayan ini kedepannya dapat berkembang menjadi lebih baik, sehingga mampu meningkatkan ekonomi kelompok nelayan tersebut, ” kata Lungari dosen Teknologi Penangkapan Ikan ini.

Sementara itu, Kelompok nelayan “Nanunga” sangat antusias dalam menerima materi penyuluhan dan demonstrasi bersama pembuatan alat tangkap ikan demersal.

” sebagai ketua kelompok berharap agar teknologi yang diberikan oleh tim pengabdi Polnustar dapat meningkatkan pengetahuan dan pendapatan kelompoknya, ” Ungkap Frens.patras Ketua kelompok Nelayan Nanunga.

Hal senada juga disampaikan Kapitalaung Bengketang Desmon Lesawengen dengan didampingi perangkat kampung mengucapkan banyak terima kasih dan menyambut baik kehadiran tim pengabdian kepada masyarakat POLNUSTAR yang sudah membagi ilmu kepada nelayan di kampung Bengketang.

” Tentunya kami berharap kiranya Kelompok Nelayan “Nanunga” dapat memanfaatkan secara maksimal stimulus bahan dan alat penangkapan ikan yang diberikan oleh tim pengabdian POLNUSTAR dan dapat diikuti juga oleh nelayan-nelayan yang lain, ” Tandas Lesawengen. (ADV).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed