by

Pelatihan dan Simulasi Pengolahan Ikan Asap Melalui Teknologi Pengemasan Bagi Kelompok Berkat Kampung Petta Timur oleh Dosen TPHL POLNUSTAR

SANGIHE, SASTALPos.com – Kampus Politenik Negeri Nusa Utara  (POLNUSTAR) sebagai salah satu perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Sangihe terus melakukan kegiatan sehubungan dengab penerapan ilmu pengetahuan baik kepada mahasiswa maupun masyarakat umum. Tim dosen dari  Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Laut (TPHL) melakukan pebgabdian kepada masyarakat dengan memberikan ilmu secara  gratis kepada Kelompok Berkat Kampung Petta Timur kecamatan Tabukan Utara Tentang Penguatan Usaha Pengolahan Ikan Asap Melalui Teknologi Pengemasan, Selasa, 07 September 2021.

Program pengabdian kepada masyarakat ini diketuai  oleh Prof. Dr. Ir. Siegfried Berhimpon, MS, MAppSc beranggotakan Frets J. Rieuwpassa, M.Si dan Obyn I. Pumpente, S.Pi, M.Si.

Tim melakukan simulasi penggunaan alat vakum sealer.

Sebelum melakukan simulasi pengemassn prodak olahan ikan, diawal dengan pemaparan materi  oleh ketua tim dan anggota. Adapun  Prof Berhimpon memaparkan materi tentang pentingnya pengemasan, jenis – jenis kemasan, model kemasan dan izin usaha yang dapat diperoleh oleh UMKM.

Sedangkan Obyn I. Pumpente memberikan materi mengenai Sanitasi dan Higienis selama melakukan pengolahan sehingga memperoleh Produk yang sehat dan higienis.

Dilengkapi oleh  Frets J. Rieuwpassa  yang memberikan materi mengenai pemasaran Produk secara online melalui media sosial.

Penyerahan banuan berupa 1 unit vakum sealer oleh ketua Tim Prof. Dr. Ir. Siegfried Berhimpon, MS, MAppSc kepada ketua kelompok berkat.

“ Diiera digitalisasi sekarang ini kita harus benar- benar mengerti Teknologi dan berusaha untuk menguasai Teknologi tersebut untuk digunakan dalam melalukan pengembagan produk dan menjual secara online,” kata Berhimpon.

Selain memberikan materi Tim Pengabdian juga memberikan bantuan alat berupa 1 unit vakum sealer sekaligus mensimulasi penggunaan alat tersebut kepada peserta.

Sementara itu, Kapitalaung Irwanto Adilang sangat mengapresiasi adanya kegiatan pengabdian oleh tim POLNUSTAR yang telah memberikan materi serta bantuan alat yang digunakan untuk pengemasan berbagai produk olahan olahan bahkan melakukan simulasi pengemsan yang baik sehingga hasil olahan ikan tetap awet untuk beberapa hari selama kemasan tidak bocor.

Foto bersama Tim Pengabdian Polnustar dengan Anggota Kelompok Berkat usai kegiatan.

“ Atas nama pemerintah kampung dan masyarakat kampung Petta Timur  menyampaikan terima kasih kepada Tim Pengabdian POLNUSTAR, yang sudah sangat membantu kami khususnya bagi kelompok berkat, sehingga melalui kegiatan ini , diharapkan kelompok tersebut dapat mengemas produknya secara maksimal dan berkualitas untuk dijual di Pasar, bahkan dijual secara online,” Kata Adilang bersama ketua kelompok.(*)

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed