by

Demi Meningkatkan Perekonomian Masyarakat, TNI AL Gelar Tatap Muka Bersama Instansi Maritim dan Nelayan

SANGIHE,SASTALPos.com – Sebagai upaya membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe dan masyarakat dalam hal kemaritiman, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna menggelar tatap muka bersama instansi maritim dan perwakilan masyarakat nelayan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Kamis (21/10) di Mako Lanal Tahuna.

Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin MTr Hanla menjelaskan, kegiatan tatap muka sekaligus coffe morning tersebut merupakan inisiatif Lanal Tahuna untuk berdiskusi bersama instansi maritim dan masyarakat nelayan.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini sebagai upaya dari TNI Angkatan Laut dalam hal ini adalah Lanal Tahuna untuk membantu pemerintah/pemkab kepl sangihe dalam membangun wilayahnya serta membantu meningkatkan perekonomian masyarakat maritim jelas Danlanal.”

Hal ini lanjut Sobarudin, selaras dengan salah satu tugas pokok yang diemban TNI AL yakni pembinaan potensi maritim yang dilaksanakan oleh Perwira Potensi Maritim (Paspotmar) Lanal Tahuna melalui Bintara Potensi Maritim (Babinpotmar). Mengingat masih ada sebagian kalangan yang masih awam dengan istilah Babinpotmar.

“Kemudian saya sampaikan dalam pemberdayaan wilayah pesisir atau pembinaan potensi maritim tentunya ada peluang dan kendala yang akan dihadapi.

Sehingga harapan bagi kita adalah kendala yang dihadapi ini akan kita jadikan sebagai peluang bagi diri kita dalam hal yang positif. Sehingga dengan kegiatan ini mampu bersinergi bersama untuk menciptakan peluang di mata pencaharian kita setiap hari,” ujar Danlanal.

Dengan kegiatan tatap muka ini, berbagai pertanyaan serta pernyataan timbul terkait kemaritiman, sehingga kegiatan berlangsung dengan baik. Turut hadir Perwira dan Staf Lanal Tahuna, Kadis Perikanan dan Kelautan Ir Reintje Tamboto, Perwakilan KUPP Kelas II Tahuna, PSDKP, Beacukai, Imigrasi, SKIPM, Pelaku Usaha Perikanan, Lurah Apegsembeka Edward M, Lurah Bungalawang Irwanto Pokarila, Lurah Santiago Saipul Markus serta Perwakilan Nelayan. (udy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed