by

Bupati Gaghana Pimpin Apel Perdana ASN di Lingkup Pemkab Sangihe

SANGIHE,SASTALPos.com.- Memasuki tahun pengabdian yang baru Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sangihe melaksanakan Apel Perdana. Apel perdana ASN ini pun dilaksanakan di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dipantau langsung oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Jabes Ezar Gaghana. Senin (3/1/2022)

Dalam kesempatan tersebut, Gaghana dipercayakan sebagai Pembina Apel di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah (Dispenbudda) Sangihe sekaligus juga memberikan arahan terkait pemantauan Apel di Inspektorat Kepulauan Sangihe.

Bupati JEG dalam sambutannya dan arahan mengajak kepada seluruh peserta apel untuk bersyukur karena dihari ini adalah awal untuk memulai segala tugas dan pengabdian sebagai seorang ASN di Kabupaten Kepulauan Sangihe di tahun penuh rahmat ini.
Apel kerja perdana di bulan januari adalah momentum bagi kita sekalian untuk tetap memiliki tekad dan komitmen bersama, memberikan sumbangsih yang terbaik bagi nusa dan bangsa terlebih daerah kabupaten kepulauan sangihe yang kita cintai dan banggakan

“Mengacu dari pelaksanaan tugas kepemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan selama tahun 2021, maka ada berbagai keberhasilan dan penghargaan yang telah kita capai. Untuk itu saya menyampaikan terima kasih yang tulus dan penghargaan kepada segenap Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe atas kebersamaan dalam pelaksanaan tugas di tahun 2021, memberikan karya pengabdian yang terbaik dalam bekerja melayani masyarakat di kabupaten kepulauan sangihe,” kata Bupati Gaghana

Kemudian apa yang telah kita raih di tahun 2021 kata Gaghana lagi, menjadi motivasi bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan kita, bekerja dengan tulus dan ikhlas dalam mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah Kepulauan Sangihe yang berada diperbatasan NKRI, sebagai gerbang maritim Indonesia yang maju, sejahtera dan mandiri

“Mari kita optimalkan karya dan pengabdian kita bagi masyarakat melalui tugas pokok dan fungsi perangkat daerah dan unit kerja dalam menjalankan program kerja masing-masing di tahun 2022,” Katanya

Lanjutnya, kiranya dapatlah dipahami bahwa dalam keterbatasan sumber dana, kita pun harus berpola pikir yang matang dan komprehensif dalam menetapkan suatu proses perencanaan yang dapat mensinergikan serta mampu memilih dan memilah, mana yang menjadi prioritas dan merupakan kebutuhan bukan sebatas keinginan serta tanpa mengabaikan aspirasi dan dinamika perkembangan ditengah-tengah masyarakat.

“Saya berharap kepada kita sekalian agar memperkuat komitmen dan ketetapan hati dalam menegakkan integritas penyelenggaraan tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.
Penegakan integritas yang dimaksud adalah membangun kualitas pribadi yang berkompetensi dan profesional untuk bertindak tepat dan kreatif, bersikap disiplin dan jujur, serta berpikir cepat dan inovatif, disesuaikan dengan nilai-nilai agama, etika, moralitas dan ketentuan perundang -undangan,” ucapnya

Gaghana juga menuturkan bahwa hal ini sangat penting dalam manajemen pemerintahan, karena integritas merupakan fondasi dalam rangka terwujudnya pelaksanaan reformasi birokrasi.
Karena itu, berkenaan dengan pelaksanaan apel perdana ini, dirinya patut menyampaikan kepada segenap aparatur hal-hal sebagai berikut:

“(1). Momentum pelaksanaan apel perdana ini, hendaknya dijadikan landasan berpijak dan sumber motivasi untuk memperbaharui pola pikir dan perilaku sebagai aparatur pemerintah yang terpanggil untuk melayani dan bukan dilayani.
Jadikan Panca Prasetya Korpri sebagai pedoman bagi saudara dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi.

(2). Dalam rangka mengangkat citra ASN, saya berharap kepada saudara-saudara sebagai unsur aparatur negara sekaligus abdi masyarakat, kiranya semakin disiplin sekaligus menjadi teladan dalam kehidupan berkeluarga, beragama dan bermasyarakat.

(3). Hal ini perlu saya ingatkan, agar kita terhindar dari issue negatif yang dapat mengakibatkan citra buruk seorang ASN.

Beberapa hal itu menjadi atensi dari bupati di tahun 2022. (Udy)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed