Gunung Karangetang Keluarkan Lava Panas, Pemda Evakuasi Warga Setempat

SITARO, SASTALPos.com – Gunung Berapi Karangetang Sabtu (02/02/2019) Pukul 10.30 Wita mengaluarkan guguran lava panas melewati jalur Kali Marebuhe dan Kali Batuare Kampung Batubulan Kecamatan Siau Barat Utara .

Jarak guguran lava panas dengan pemukiman warga sekitar 300 Meter dan jarak guguran lava panas dengan ruas jalan antara Lindongan I Kampung Batubulan dan Lindongan II Kampung Batubulan Sekitar 200 Meter.

Akibatnya ratusan warga yang terdapat disekitar kali yang menjadi jalur lava panas harus diungsikan.

“Potensi luncuran masih terjadi,” ungkap Yudia Tatipang, petugas pengamatan Gunung Api Karangetang, Minggu (3/2/2019).

Sementara itu, terkait dengan banyaknya warga yang ada di lokasi pengungsian, pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro terus memberikan bantuan.

“Bantuan telah disalurkan kepada warga, berupa tikar, selimut dan juga makanan siap saji,” kata kepala BPBD Sitaro Bob Wuaten.

Menurutnya, saat ini BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro sementar melakukan pendataan ulang para warga yang di evakuasi menempati rumah saudaranya di kampung Kawahang.

”Semua warga tersebut dievakuasi di karenakan tempat tinggal mereka dekat dengan Kali Marebuhe dan Kali Batuare,”katanya.

Tindakan yang telah dilakukan BPBD bersama Aparat TNI POLRI Sitaro yakni menghimbau
yang masih sementara bekerja di dekat Kali Marebuhe dan Kali Batuare agar berhenti melakukan aktifitas pekerjaan, mengevakuasi masyarakat, menutup akses jalan antara Lindongan I Dan Lindongan II Kampung Batubulan Kecamatan Siau Barat Utara dan menghimbau masyarakat untuk lebih waspada saat malam hari apabila terjadi guguran lahar atau awan panas.

Diketahui, saat ini warga ada diungsikan di kantor Desa, juga dirumah-rumah keluarga yang aman dari lokasi luncuran lava. (Gun)