by

Dosen POLNUSTAR Berikan Materi Pemanfaatan Aplikasi Ujian Online Gratis Untuk Menunjang Pembelajaran Daring di SMA Petra Sawang Jauh

SANGIHE, SASTALPos.com – Penerapan sistem Work From Home (WFH) pada masa pandemi berpengaruh pada sektor pendidikan, sehingga pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menerapkan kebijakan Learning From Home atau belajar dari rumah dengan menggunakan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). PJJ dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran secara daring (dalam jaringan) dan pembelajaran secara luring (luar jaringan).

Pada penerapan sistem pembelajaran secara daring, SMA Petra Sawang Jauh mengalami beberapa kendala yaitu keterbatasan infrastruktur jaringan, pelaksanaan ujian yang dilakukan secara luring karena keterbatasan literasi pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran kolaboratif secara online, penerapan pembelajaran secara virtual menggunakan zoom meeting gratis yang kurang efektif karena hanya dapat digunakan selama 40 menit.

Berdasarkan permasalahan inilah, Tim PKMS Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) Jurusan Teknik Komputer dan Komunikasi  Program Studi Sistem Informasi yang diketuai Desmin Tuwohingide,ST.,M.Kom beranggotakan Noldy Sinsu, S.Pd.,M.Kom, Christian Koloay, ST dan satu mahasiswa Desita Diamanti melaksanakan kegiatan pelatihan dan tutorial serta pengenalan aplikasi pendukung pembelajaran online yang dapat diakses secara gratis. Di SMA Petra Sawang Jauh kecamatan Tabukan Utara, pada  27 Agustus 2021.

“ adapun solusi yang tawarkan oleh tim pelaksana pengabdian kepada masyarakat yaitu memanfaatkan fasilitas laboratorium sekolah secara maksimal bagi guru, memberikan pelatihan dan tutorial penggunaan aplikasi ujian online gratis, memperkenalkan  aplikasi  pendukung pembelajaran daring gratis seperti  google meet dan zoho form,” Papar Desmin Tuwohingide,ST.,M.Kom yang juga Ketua Program Studi SI ini.

Dalam pelatihan ini ada tiga materi yang diberikan yankni Pelatihan dan Tutorial Penggunaan Aplikasi Quizizz sebagai Pemateri adalah Desmin Tuwohingide, ST.,M.Kom, Materi Pengenalan LMS Oleh Mahasiswa (Desita Diamanti) dan Materi Pengenalan Aplikasi Google meet dan zoho form dalam mendukung pembelajaran daring oleh Noldy Sinsu, S.Pd.,M.Kom.

“ Tindak lanjut dari kegiatan hari ini nantinya akan dilaksanakan simulasi ujian online menggunakan aplikasi quizizz bersama guru dan siswa SMA Petra Sawang Jauh pada bulan September 2021,” Tutup Tuwohingide.

Kehadiran Dosen Polnustar disambut antusias oleh kepala sekolah, dewan guru dan staf serta siswa di SMA Petra Sawang Jauh. Sehingga dalam sambutanya mewakili Kepala Sekolah, ibu Marice Timbowo, S.Pd berterima kasih kepada tim PKMS dari Politeknik Negeri Nusa Utara karena melalui kegiatan ini, pihak sekolah boleh memperoleh literasi dan pengetahuan dalam memanfaatkan aplikasi online gratis dalam pelaksanaan kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh.

“ selama ini guru sangat kesulitan dalam melaksanakan ujian di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga kepala sekolah dan dewan guru akan kembali mengkaji persiapan sekolah dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas dengan menerapkan ujian menggunakan aplikasi quizizz karena banyak keuntungan dari penggunaan aplikasi tersebut seperti transparansi nilai dan laporan evaluasi untuk guru,” Ungkap Timbowo. (ADV).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.