Kampung Mohong Sawang Ikut Lomba Desa, Ini Harapan Pj.Bupati Sangihe

SASTALPOS.COM– Setelah menjadi juara 1 lomba desa tingkat Kabupaten, Kini desa Mohong Sawang kecamatan Kendahe, mewakili Kabupaten Sangihe untuk lomba desa se Provinsi Sulawesi Utara.

 

Penilaian lomba desa tingkat Provinsi tersebut dilaksanakan oleh tim penilai dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Daerah Provinsi Sulut. Di desa Mohong Sawang pada Selasa, (21/6/2022).

 

Kehadiran tim penilai lomba desa di kampung Mohong Sawang didampingi langsung oleh penjabat Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Rinny Tamuntuan, mendapat sambutan hangat dari warga setempat.

 

Dalam Sambutannya, Pj. Bupati Rinny Tamuntuan berharap Kampung Mohong Sawang bisa memenangkan perlombaan desa tingkat provinsi, sehingga lewat lomba desa ini tambah Tamuntuan, Kabupaten kepulauam Sangihe bisa dikenal di kanca nasional.

 

“semoga lewat lomba desa ini nama Kabupaten Sangihe semakin dikenal, juga kami berharap kampung Mohong Sawang bisa mewakili Sulut pada ajang lomba tingkat Nasional,” Kata Tamuntuan.

 

Dirinya juga mengatakan,  dengan kehadirannya pada penilaian karena kepedulian dan rasa bangga serta berharap lewat lomba desa ini  Mohong Sawang bisa mewakili Sulut di tingkat Nasional.

 

“ Saya berharap, Kampung Mohong Sawang dapat memaksimalkan setiap potensi yang ada di desa dan memanfaatkan teknologi dalam mengikuti lomba tingkat provinsi saat ini,” harapnya.

 

Dikesempatan ini juga, Pj.Bupati menyampaikan, atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten kepulauan Sangihe mengucapkan selamat datang kepada ketua dan seluruh tim penilai lomba desa yakni bertempat di kampung Mohong Sawang Kecamatan Kendahe.

“Semoga Bapak dan ibu tim penilai lomba desa tingkat provinsi Sulawesi Utara, senantiasa diberi kekuatan dan lindungan oleh Tuhan yang maha kuasa dalam melaksanakan tugas,” ungkap Tamuntuan.

 

Lanjut Tamuntuan, dengan keberhasilan kampung Mohong Sawang menjadi juara lomba desa antar Kabupaten tahun 2022, jelas mempunyai nilai tersendiri dan merupakan kebanggaan bagi pemerintah serta masyarakat kabupaten kepulauan Sangihe untuk selanjutnya ditunjuk guna diikut sertakan dalam lomba desa antar Provinsi Sulawesi Utara.

 

“Tentu saja penunjukan ini sesuai realita dan fakta di lapangan, dimana dukungan dan peran seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali, sangat mendukung keberhasilan penyelenggaraan pemerintah,” ujar Tamuntuan.

 

Sementara, Ketua Tim Penilai Mutu Mokoginta yang juga Sekretaris PMDD Sulut,  menyampaikan sambutannya memberikan selamat kepada kampung Mohong Sawang bisa bersaing dengan desa di seluruh Sulawesi Utara. Kata dia landasan penyelenggaraan lomba desa terdapat pada permendagri nomor 81 tahun 2018 yang meliputi aspek pemerintahan, kewilayaan dan kemasyarakatan.

 

“Kita berharap Kampung Mohong Sawang bisa bersaing ditingkat provinsi dan meraih juara juga lewat lomba desa ini kiranya menjadi motivasi untuk kita semua dalam membangun desa” ucap Mokoginta.

 

Lanjut Mokoginta, gubernur dan wakil gubernur juga menyampaikan selamat atas terpilihnya kampung Mohong Sawang sebagai pemenang lomba desa tingkat Kabupaten.

 

Dilokasi yang sama, Camat Kendahe, Soeharto Mandiri, menyampaiakan ada 8 kampung di Kecamatan Kendahe, 6 kampung di daratan 2 kampung di wilayah pulau, jumlah penduduk 7228 jiwa, 3644 kepala keluarga, sedangkan kampung Mohong Sawang penduduknya 1069 jiwa 369 kepala keluarga.

 

“Kami siap menerima kehadiran Pejabat bupati dan tim penilai, juga pada 2019 pernah mengutus kampung Miohobg slSawang mengikuti lomba tingakat kabupaten dan mendapat juara 2, dan tahun 2022 diberikan kesempatan mewakili kabupaten mengikuti lomba tingkat provinsi” jelas Mandiri.

 

Camat juga meminta dukungan semua masyarakat dan semua komponen untuk mendukung kampung Mohong Sawang untuk mengikuti lomba desa tingakat Provinsi kita berharap kampumg Mohong Sawang bisa mewakili Sulut di tingakat nasional.***