Bantu Desa Kalama Darat Soal PPKD, Tim PKM POLNUSTAR Ajar Microsoft Exel

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Persoalan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) di sejumlah kampung sering bermasalah, hal ini menjadi perhatian dari dunia Akademisi khususnya Kampus Politeknik Nusa Utara ( POLNUSTAR) dengan memberikan pelatihan Microsoft Exel kepada perangkat kampung Kalama Darat Kecamatan Tamako. Selasa, 11 Juli 2023.

Pelatihan ini diketuai oleh Desmin Tuwohingide,ST.,M.Kom beranggotakan Stendy Sakur, S.ST.,M.Kom, dan Noldy Sinsu, S.Pd.,M.Kom dengan menghadirkan perangkat kampung Kalama Darat.

Menurut ketua tim, Pengelolaan keuangan desa dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan di kampung Kalama Darat dijalankan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Namun adapun kendala yang dihadapi oleh mitra dalam pengelolaan keuangan menggunakan aplikasi siskeudes.

” Ada beberapa kendala yang dihadapi seperti Penginputan data pada aplikasi Siskeudes cenderung terlambat dikarenakan hanya diakses oleh 1 (satu) orang operator dan sering terjadi perubahan fitur pada setiap versi terbaru aplikasi sehingga hal ini mengharuskan Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) harus memiliki backup data pengelolaan keuangan yang dibuat menggunakan microsoft excelexcel, ” Kata Tuwohingide.

Baca juga:  Total Hadiah 235 Juta, Kaporles Cup 2022 Siap Digelar Akhir Mei

Menurutnya, Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) membuat data pengelolaan keuangan pada microsoft excel tanpa menggunakan formula basic maupun conditional formatting sehingga penggunaan microsoft excel yang tanpa rumus rentan terhadap kesalahan data.

” Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka perlu dilakukan Perlu adanya peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia, yaitu dengan melakukan beberapa kegiatan, ” Paparnya.

Ditambahkannya, sesuai dengan tujuan pelatihan ini guna peningkatkan kemampuan perangkat kampung dalam pemanfaatan aplikasi microsoft excel dengan memberikan workshop penggunaan basic formula dan conditional formatting untuk memaksimalkan penggunaan microsoft excel dan menghindari kesalahan.

Baca juga:  Bupati Gaghana Pimpin Apel Perdana ASN di Lingkup Pemkab Sangihe

” Kami juga melakukan pendampingan dalam pembuatan dokumen pengelolaan dan pelaporan data keuangan bagi Pelaksana Pengelolaan Keuangan Desa (PPKD) menggunakan aplikasi microsoft excel. ” Tutupnya ketika membawa materi pengenalan Microsoft excel, fitur-fiturnya, formula, keuntungan dan manfaatnya.

Sementara itu, kegiatan tersebut disambut baik dan antusias oleh Kapitalaung dan Perangkat Desa Kampung Kalama darat. Dengan berterima kasih kepada TIM PKMS Polnustar karena melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam pengelolaan data keuangan desa menggunakan aplikasi pengolah angka.

” Memang perlu perangkat desa untuk meningkatkan kemampuan pemanfaatan aplikasi dan teknologi lainnya agar bisa bekerja dengan efesien dan efektif.” Kata Herson Tuwohingide, Kapitalaung Kampung Kalama Darat ketika memberikan sambutan.(ADV).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *