Dosen POLNUSTAR Latih Koperasi Bahari Bulo Lestari, Cara Mengeringkan Ikan Asin Gunakan Alat Solar Dry

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Dosen Politeknik Negeri Nusa Utara ( POLNUSTAR) memberikan pelatihan cara mengeringkan ikan Asin sederhana mengunakan alat solar dry kepada anggota Koperasi Bahari Bulo Lestari Kampung Bulo Kecamatan Tabukan Selatan, Jumat, (15/9/2023).

Pelatihan tersebut dilakukan oleh Dosen POLNUSTAR melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Frets J. Rieuwpassa, MSi beranggotakan Dr. Wendy A. Tanod dan Jaka F.P. Palawe, STP,M.Si.

Sebagai pemateri Ketua Tim Frets J. Rieuwpassa, MSi menyampaikan tujuan kegiatan tersebut untuk menguatkan produksi ikan asin oleh koperasi bahari Bulo Lestari (BBL).

” Koperasi ini bergerak di bidang pengolahan hasil perikanan. Maka perlu adanya pelatihan sehingga produksi ikan asin akan meningkat, ” Kata Rieuwpassa.
Selain memberikan materi juga membantu berupa alat solar dry kepada Koperasi BBL sehingga  dengan adanya ilmu dan alat koperasi bisa meningkatkan produksi.

” Kegiatan ini merupakan wujud kerjasama yang telah dibuat oleh Polnustar dan kampung Bulo sebagai desa binaan. Semoga alat tersebut dapat bermanfaat bagi koperasi, ” Jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bulo Desmon Sondak menerima dengan baik kegiatan tersebut, juga mengapresiasi Perguruan tinggi Polnustar yang terus memberikan bantuan teknologi kepada koperasi.

” Sebagai pemerintah kampung, tentu menyampaikan apresiasi kepada pihak kampus POLNUSTAR, sebab program ini sebagai wujud kepedulian POLNUSTAR pada UMKM di Kepulauan Sangihe, ” Tandas Sondak.

Senada juga disampaikan oleh ketua koperasi Jenner Tamar, mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya alat solar dry sederhana kepada Koperasi BBL.

” Kami sangat beruntung mendapat bimbingan melalui materi bantuan alat, sangat bermanfaat bagi anggota koperasi dalam mengembangkan produk ikan asin dan dengan metode yang baik dan benar, ” Kunci Tamar (ADV)