Tindakan Heroik Pj Bupati Sangihe Ketika Menggantung di Lambung KRI Yos Sudarso 353, Begini Kata Mereka

SANGIHE SASTALPOS. COM – Tindakan heroik Pj. Bupati Sangihe dr. Rinny Tamuntuan ketika menggantung di lambung KRI Yos Sudarso 353 guna menemui warga pulau Marore sekaligus meninjau langsung pembangunan Border Crossing Station (BCS). Di kecamatan Marore. (26/9/2023) lalu. Mendapat tanggapan positif dari sejumlah kalangan.

Aksi ini, selain mendapat tanggapan positif dari Deputi dan Asisten Deputi  Pertahanan Negara bidang koordinasi wilayah perbatasan dan tata ruang pertahanan Brigjen TNI Suteikno Soleman, juga dari  sejumlah tokoh agama, Akademisi dan politik di kabupaten kepulauan Sangihe.

Tanggapan positif ini berasal dari Ketua Sinode GMIST Pendeta Dr. Welman Boba, M.Th menurutnya Pj. Bupati Sangihe tidak hanya seorang pemimpin perempuan yang secara fisik tangguh tetapi juga secara spiritual dan emosi cukup handal.

” Sebenarnya kekuatan atau juga disebut dengan kecerdasan emosi dan spiritual itu yang menjadi basis referensi kekuatan lahir dan batin seorang pemimpin daerah, ” Kata Boba.

Bahkan dirinya salut dengan ketulusan dan perjuangan pemimpin perempuan ini, dalam membangun kepulauan Sangihe. Walaupun sering mendapat tanggapan negatif dari sejumlah Netizen di Medsos.

” Tidak sedikit cercaan dan juga penilaian  “miring” di media sosial yang diarahkan kepada Beliau. Namun, semua itu tidak menjadi perhatian utamanya. Prioritas dan perhatian utama justru diarahkannya untuk terus melakukan yang terbaik bagi pembangunan masyarakat,” Ungkap orang nomor satu di GMIST ini.

Selain Tokoh Agama, tanggapan yang sama dari kaum Akademisi Sangihe Prof. Dr. Ir. Frans G. Ijong, M.Sc yang menyatakan tindakan heroik ini sulit untuk dibahasakan. Komitmen kuat dari Pj. Bupati untuk menjumpai masyarakat sehingga resiko pun diambil.

” saya salud dan bangga. Mungkin bagi sebagian orang yang dilakukan ibu Pj. Bupati suatu yang biasa- biasa. Tetapi jika dilihat dari latar belakang pendidikan beliau sebagai seorang dokter apalagi perempuan, dan juga dia tidak lahir dan besar dalam lingkungan seperti ini, sungguh ini merupakan suatu yang luar biasa. Tetap semangat ibu Pj. Bupati masyarakat bangga padamu, ” Tutur Mantan Direktur Polnustar dua periode  ini.

Tak hanya dari Tokoh Agama dan Akademisi, kini tanggapan positif juga disuarakan oleh politisi muda Sangihe Michael Thungari SE, MM yang merasa kaget dengan foto dan video dimana Pj. Bupati terkesan anggun bisa menuruni tangga tali vertikal seperti itu.

” memang banyak perempuan yang bisa seperti itu, tetapi untuk seseorang yang berlatar belakang dokter dan diumur yang tidak bisa dibilang muda juga tentu harus di apresiasi, kerinduan ibu Pj. Bupati untuk bertemu warga perbatasan mengalahkan kesulitan yg harus di lewati,” Sebut Wakil Ketua DPRD Sangihe tersebut.

” semoga ibu Rinny sehat terus dan menyelesaikan tugas sebagai Pj bupati dengan baik karena masih banyak PR bagi daerah ini ke depan, ” Tutup Politisi yang memiliki potensi di Pilkada 2024 nanti. (*).