by

Sebanyak 65 Sekolah di Sitaro Dapat Dana BOS

SITARO, SASTALPos.com – Sebanyak 65 sekolah di Kabupaten Kepulauan Sitaro, tahun ini mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Bantuan ini diarahkan ke sejumlah sekolah negeri yaitu Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Total nilai anggaran dana BOS mencapai sekira Rp 5,2 miliar.

Sekretaris Dinas Dikpora Sitaro, Agustina Budiman mengatakan, dalam pemanfaatan anggaran harus sesuai peruntukannya sebagaimana yang telah diatur dalam petunjuk teknis (juknis).

” saya berharap sekolah yang mendapatkan dana BOS agar dana bantuan tersebut dapat dimanfaatkan tepat sasaran”  tegas Budiman, Selasa (29/1/2019).

Budiman menyebutkan, alokasi dana BOS pusat sekolah negeri SD sebanyak 42 sekolah dan SMP sekira 23 sekolah. “Jadi total sekolah penerima alokasi dana BOS adalah 65 sekolah,” Kata dia.

Budiman, menguraikan, besaran bantuan per siswa yang diatur dalam juknis, yakni untuk SMP dialokasikan Rp 1 juta per siswa per tahun. Sedangkan untuk siswa SD sekira Rp 800 ribu per tahun. Adapun mekanisme pencairan melalui kas daerah.

” Untuk mekanisme pencairan dana BOS, triwulan I sebesar 20 persen, triwulan II sebesar 40 persen, triwulan III ada 20 persen dan triwulan IV 20 persen. Khusus untuk triwulan II pembiayaan dana BOS diperuntukkan untuk pembelian buku pelajaran dan sudah dialokasikan sebesar 20 persen,”Urainya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed