Tasin : Stok Obat Untuk 17 Puskemas di Sangihe Aman

SANGIHE, SASTALPos.com – Sempat jadi polemik tahun sebelumya karna sering kosong, namun Persediaan obat untuk Kabupaten Kepulauan Sangihe pada tahun ini aman setidaknya sampai pertengahan tahun.

Terpenuhinya stok obat ini, dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Sangihe melalui Kepala Seksi Kefarmasian, Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga Rillya Tasin, ketika dikonfirmasi harian ini Senin (11/01/2109).

“ stok obat untuk  tahun ini aman dan stok yang ada bisa sampai triwulan ke 2 untuk 17 Puskemas yang tersebar di Sangihe.” Kata Tasin.

Ia menjelaskan, ketersediaan obat ini menjadi perhatian pihaknya karna ini prioritas, sehingga kami mengusahakan stoknya tetap terjaga.

“ Makanya sekarang kami sedang menyusun kebutuhan obat supaya pada bulan Februari atau paling lambat awal bulan maret bisa di e Purchasing jadi obat lebih cepat masuk ke Sangihe dan ketersediaan tetap terjaga dan sumber dana pengadaan obat ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Kapitasi.  Jadi bisa saja stoknya tidak tersedia di Dinkes tapi ada di Puskesmas begitu juga sebaliknya.” Jelasnya

Tidak hanya menjaga ketersediaan obat, akan tetapi penyalurannya juga ke Puskesmas- Puskemas agar tepat pada waktunya.

“ Tahun ini bagian farmasi Dinkes Sangihe mendapat dana untuk pengadaan kendaraan roda empat untuk distribusi obat ke Puskemas yang ada di Sangihe juga berasal dari dana DAK.” kunci wanita murah senyum ini. (Gun)