by

Butuh 8 Miliar, Untuk Perintisan Kembali Akses Nameng-Batubulan

SITARO, SASTALPos.com – Pasca erupsi Gunung Karangetang bebrapa waktu lalu, sekira 3 Km jalan Nameng-Batubulan segera kembali dirintis. Hal ini diungkapkan Plt Kepala BPBD Sitaro Ch Bob Wuaten Selasa (19/2/2019).

Menurutnya,  perintisan jalan ini untuk membuka akses ke Kampung Batubulan, di Kecamatan Siau Barat Utara. Akibat terisolasi karena erupsi Gunung Karangetang.

“ Sekarang kita tengah dalam mobilisasi,  Baik pekerja maupun peralatan. Tahapan perintisan sudah berjalan,” Kata Wuaten.

Wuaten mengatakan, perintisan jalan tersebut ditargetkan selesai dalam waktu 90 hari. “Intinya diupayakan kendaraan roda dua dapat melintas. Untuk anggaran, dari perhitungan memakan 8 miliar. Saat ini kita hanya memiliki 4 miliar. Sisanya diupayakan pemkab melalui bantuan. Sebab ini merupakan prioritas. Untuk membuka akses,” tambahnya.

Sementara itu Komandan Komando Tanggap Darurat John Palandung mengatakan, pihaknya tengah berupaya membawa mesin pembangkit listrik dari PLN bertenaga 25 KVA. Untuk memberikan pelayanan pada pelanggan di Kampung Batubulan.

“Kemungkinan esok (hari ini, red) sudah akan disuplai ke sana. Kita tinggal menunggu kapal dari Bitung mengantarkanya,” beber Palandung.

Disisi lain, Pengungsi yang di shelter, lanjutnya, belum ada pemulangan. Karena ini mengacu pada pos pengamat gunung berapi.

“ Statusnya masih sama. Sekarang erupsi berlangsung fluktuatif. Sehingga masih berpotensi. Terutama mereka yang bermukim di Dusun Beba. Untuk status tanggap darurat berlaku hingga 26 Februari. Nantinya setelah ini kita akan mengkaji ulang sesuai dengan kondisi yang ada,” Tutupnya. (Gun)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed