Gempaan Guguran Dominasi Aktivitas Karangetang

SITARO, SASTALpos- Laporan aktivitas guanung api Karangetang periode pengamatan 24-07-2019 00:00-06:00 WITA, masih didominasi oleh kegempaan
Guguran dengan jumlah : 20, Amplitudo : 3-11 mm, durasi : 50-73 detik.

Selain itu juga, tektonik jauh, jumlah : 2, amplitudo : 18-32 mm, S-P : 17 detik, durasi : 47-70 detik. Serta teramati ada tremor menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.25 mm (dominan 0.25 mm).

Selain itu juga, secara meteorologi
cuaca mendung. Angin bertiup sedang hingga kencang ke arah selatan. Suhu udara 27-31 °C, kelembaban udara 0-0 %, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Baca juga:  Tamuntuan Apresiasi Kunjungan DPR RI Komisi V

“Dengan kesimpulan tingkat Aktivitas G. Karangetang Level III (Siaga),” kata
Richard Korompis, Pos Pengamatan Gunungapi Karangetang.

Oleh merekomendasikan masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan) serta area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat Laut-Utara sejauh 4 km, yaitu wilayah yang berada di antara Kali Batuare dan Kali Saboang.

Masyarakat di sekitar G. Karangetang dianjurkan agar menyiapkan masker penutup hidung dan mulut, guna mengantisipasi potensi bahaya gangguan saluran pernapasan jika terjadi hujan abu.
Masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak G. Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan dari potensi ancaman lahar hujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai. (Ade)

Baca juga:  Turut Berempati,RST Kunjungi Keluarga Istri Korban Nelayan Yang Hilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *