by

Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Perangkat Kampung Mahumu II

Pengabdian Kepada Masyarakat Tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Meningkatkan Kinerja Perangkat Kampung Mahumu II

Oleh :

Jurusan           : TKK

Program          : Studi Sistem Informasi

Politeknik Negeri Nusa Utara

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Jurusan Teknik Komputer dan Komunikasi Program Studi Sistem Informasi Politeknik Negeri Nusa Utara melaksanakan salah satu kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian pada masyarakat, dimana pada kesempatan ini dilaksanakan dari bulan Agustus sampai dengan bulan Oktober, di wilayah kecamatan Tamako, tepatnya di kampung kalama II dengan tema” PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERANGKAT KAMPUNG MAHUMU II”, dengan tim pengabdi terdiri dari, Alfrianus Papuas, SE. M.Kom, Desmin Tuwohingide, ST, M.Kom dan Steve A. Sehang, S.Pd, M.Cs,

Kegiatan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan, mulai dari survei lapangan, persiapan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi sampai pada penyusunan laporan, dengan melihat pengembangan desa saat ini dengan ditopang oleh sistem informasi dan konsep e-Government menjadi pertimbangan utama bagi organisasi sektor publik (pemerintah desa) yang melakukan perencanaan sistem informasi dalam rangka menyediakan input penting dan memudahkan dalam proses penyusunan perencanaan dan pemantauan dan evaluasi hasil pembangunan serta permasalahan mitra saat ini yaitu, pengetahuan dan ketrampilan perangkat desa  dalam penggunaan dan pemanfaatan TIK serta belum adanya program pelatihan maupun pembekalan penggunaan media TIK bagi perangkat Kampung Mahumu II.

Satu unit perangkat komputer yang diberikan oleh tim pengabdian Polnustar

Berdasarkan permasalahan  yang dihadapi oleh mitra, maka solusi yang ditawarkan oleh tim pengusul PKM adalah dengan menyediakan media berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dapat dimanfaatkan dalam mengoptimalkan kegiatan pelayanan administrasi. Selain itu tim pengusul PKM akan mendampingi para perangkat untuk memberikan pelatihan dan pembekalan tentang penggunaan TIK. kegiatan dilaksankan secara terpisah antara pelatihan penggunaan media berbasi TIK dan pengembangan fasilitas media berbasis TIK.

Satu layar monitor diberikan tim PKM

Kegiatan diawali dengan cara pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Kampung, aparat kampung, operator kantor desa dan Tim Pengabdian pada Masyarakat dengan tujuan membuka pelaksanaan kegiatan sekaligus menjelaskan bentuk kegiatan dan pelaksanaannya, adapun bentuk kegiatan dan pelaksanaannya, dilihat dari kehadiran perangkat kampung yang begitu antusias, ini menunjukan bahwa perangkat kampung Mahumu II memiliki keinginan yang begitu besar dalam pengembangan ketrampilan pengelolaan TIK.

Semoga solusi dan perangkat media informasi yang  diberikan dapat membantu permasalahn yang ada di mitra dan dapat dimanfaatkan untuk pembangunan desa, kegiatan ini tidak hanya berhenti sampai disini, namun akan terus berkelanjutan melalui kerjasama mitra.

Kegiatan ini dibiayai sepenuhnya oleh PNBP Politeknik Negeri Nusa Utara tahun anggaran 2019. (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.