by

Kolaborasi POLNUSTAR dan SITH ITB Perkenalkan Budidaya Sponge Sebagai Sediaan Bahan Hayati di Kelurahan Enengpahembang

SANGIHE, SASTALPos. Com – Dosen Politeknik Negeri Nusa Utara (POLNUSTAR) Jurusan Perikanan dan Kebaharian bekerja sama dengan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung dalam melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk memperkenalkan Budidaya Sponge Sebagai Sediaan Bahan Hayati di Kelurahan Enengpahembang kecamatan Tahuna Timur. Jumat, (20/8/2021).

Penjelasan oleh Tim Dr. Anggraini Barlian Dan Indra Wibowo dari SITH ITB. 

Kepulauan Sangihe memiliki beragam spesies sponge yang tersebar di berbagai tempat. Sponge merupakan salah satu biota laut yag kaya akan manfaat. Banyaknya manfaat yang didapat dari sponge tersebut mendorong tim dosen POLNUSTAR berkolaborasi dengan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati Institut Teknologi Bandung dalam memperkenalkan cara melakukan budidaya sponge dengan baik dan benar. Potensi sponge sebagai sediaan bahan hayati laut, perlu dibudidayakan agar tidak mengambil sponge secara berlebihan di alam Yang nantinya akan merusak laut.

Peserta yang sementara menerima materi

Kedua tim ini bekerjasama dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat dan memanfaatkan teknologi informasi dalam memaparkan materi yaitu melalui aplikasi zoom. Sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan baik.

Kegiatan ini diketuai Dr. Walter Balansa dan Anggota Aprelia M. Tomasoa, M.Si dan Frets J. Rieuwpassa, M.Si

Menurut Balansa kegiatan ini merupakan tindak lanjut kerjasama (MoU) antara POLNUSTAR dan SITH ITB, dengan tujuan mengenalkan masyarakat tentang manfaat Sponge sebagai organisme laut dan potensinya sebagai bahan hayati untuk industri obat – obatan dan kosmestik.

Foto bersama Tim Pengabdian dengan peserta usai kegiatan. 

“Budidaya sponge dimaksudkan untuk sediaan tanpa merusak sponge yang ada di alam” ucap Ketua tim sekaligus ketua Jurusan Perikanan dan Kebaharian ini.

Sebagai ketua Tim, Dr. Walter Balansa, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini baik kepada pihak SITH ITB yang telah memberikan materi budidaya sponge serta manfaatnya, bahkan kepada pemerintah Kampung sebagai mitra dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

” Diucapkan terimakasih juga kepada Dr. Anggraini Barlian Dan pak indra Wibowo dari SITH ITB, yang sudah menyediakan waktu untuk bisa memberikan ilmu kepada warga Sangihe. Walaupun dilakukan secara Virtual.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Anggraini Barlian dari SITH ITB menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk hubungan baik antara Polnustar yang sudah terjalin melalui MoU

” Oleh karena itu, semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat kelurahan Enengpahembang, ” Ucap Barlian.

Sementara itu, Lurah Enengpahembang Jounall W. Lakada, S.Sos dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada Polnustar Dan SITH ITB yang telah memberikan materi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

” Dengan terlaksananya kegiatan ini, Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat Kelurahan Enengpahembang, ” Ungkap Lakada. ( ADV).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed