Akibat Pemadaman Listrik Tidak Terjadwal, DPRD Sangihe Gelar RDP Dengan Pihak PLN Cabang UP3 Tahuna

SANGIHE, SASTALPos.com – Akibat pemadaman aliran listrik tidak terjdwal dan adanya pemadaman bergilir yang sering terjadi di wilayah kepulauan Sangihe, mendapat respon dari wakil rakyat yang duduk di DPRD Sangihe dengan memanggil pihak PLN Cabang UP3 Tahuna dan menggelar Rapat Dengar Pendapat ( RDP) pada Selasa, (05/10/2021).

Dilaksanakannya  RDP ini, dimana wakil rakyat sudah gerah dengan keluhan masyarakat Pelanggan PLN ( Konsumen listrik) akhirnya menggelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama pihak PLN Cabang UP3 Tahuna.

Pihak PLN Cabang UP3 Tahuna di hadiri oleh Eko Ridwan selaku Manager Cabang dan pihak masyarakat diwakili oleh Atohema Madea dan RDP ini dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sangihe Ferdy Sondahk. RDP Ini berjalan alot ketika penyampain aspirasi dari masyarakat dan pemaparan pihak PLN sendiri.

” Permasalahan sering padamnya listrik akhir- akhir ini menjadi tanda tanya bagi kami ( masyarakat Pelanggan), sebab selain pemadaman yang terjadwal, listrik juga sering padam meski tidak terjadwal, kami memahami jika kondisi cuaca ekstrim melanda namun di saat cuaca cerah tak ada hujan dan angin kencang namun sering terjadi pemadaman , ada apa.?,” ucap Medea.

Lanjut Medea, Alasan klasik pemadaman akibat kondisi alam, masyarakat pasti memahami namun saat kondisi stabil terjadi pemadaman menimbulkan penafsiran yang berbeda. Pembersihan jaringan pun tetap di lakukan oleh PLN selama ini, jika alasanya pohon tumbang pasti di pahami karena alam hanya Tuhan yang tau,

“ Kami harapkan PLN terbukalah jika ada kondisi-kondisi yang menyebabkan pemadaman listrik agar ada solusi, sebab masyarakat menginginkan penjelasan.” Tegas Medea.

Senada juga disampaikan Wakil ketua komisi 2 DPRD Sangihe Ferdi Panca Sinedu ST juga menegaskan tentang kondisi kelistrikan yang dialami masyarakat di Kabupaten Sangihe.

“Permasalahan padamnya aliran listrik sering dialami masyarakat terutama tidak dalam jadwal, agenda RDP menjadi wadah untuk mencari solusi agar kedepan pelayanan akan lebih baik. Kami (DPRD) menggelar RDP hari ini tentunya menyikapi keluhan masyarakat terhadap kinerja PLN dalam penyediaan pasokan listrik, sering padamnya listrik merupakan kondisi ril,apalagi tidak terjadwal. Sebagai refresentasi masyarakat DPRD Sangihe pasti akan mengawal kinerja PLN dalam penyediaan pasokan listrik bahkan akan menyurat ke Presiden atau melakukan pendampingan jika dibutuhkan,”  tandas Sinedu.

Sementara, Manajer PLN Cabang Tahuna Eko Ridwan ketika menjawab sejumlah aspirasi yang disampaikan menyatakan pemadaman aliran listrik didominasi gangguan alam dan pohon. Kalau soal pemadaman listrik sesuai data, ada 4 penyerahan padamnya listrik, pemadaman listrik disebabkan oleh pohon yang mengganggu jaringan masih mendominasi di Kabupaten Sangihe,

“ Kami (PLN) mohon maaf kalau memastikan tidak terjadi pemadaman sulit kami jawab, tapi kami tetap bekerja maksimal dan profesional demi memenuhi kebutuhan listrik di Sangihe. Pihak PLN pastinya tetap mengupayakan pelayanan lebih baik dengan terpenuhinya kebutuhan listrik tanpa pemadaman” Ungkap Ridwan.

Penulis : Gun