Peduli Korban Banjir Bandang, Tamuntuan Serahkan Langsung Bantuan ke Warga Mangsel dan Tamako

SANGIHE, SASTALPOS.COM – PJ Bupati Sangihe, dr Rinny Tamuntuan langsung bergerak cepat mendatangi korban bencana banjir Bandang di Kampung Laine dan Kaluwatu Kecamatan Manganitu Selatan dan Kampung Dagho kecamatan Tamako, Rabu, 25 Januari 2023. Pagi tadi.

Kehadiran Tamuntuan, di lokasi bencana banjir ini, langsung menyerahkan bantuan tanggap bencana berupa sembako dan tikar kepada warga yang terdampak banjir bandang di tiga Kampung tersebut.

Ketika menyerahkan bantuan, Tamuntuan di dampingi asisten I Yohanis Pilat dan assisten II Olga Makasidamo  juga memberikan penguatan  kepada warga yang terdampak.

” Bantuan yang ada saat ini merupakan bantuan tanggap darurat. Nantinya akan ada bantuan susulan, tinggal menunggu data lengkap warga yang terdampak, ” Kata Tamuntuan.

Sesuai data sementara yang dirangkum media ini, dari berbagai sumber terdapat  172 rumah tergenang banjir di Kampung Laine, 7 rumah rusak berat, 4 rusak sedang serta 2 rumah rusak ringan, dan sampai saat ini ada 13 jiwa yang mengungsi di rumah ibadah, 15 jiwa di rumah keluarga Maheda serta 15 jiwa mengungsi di PAUD kampung Laine.

Begitu halnya di Kampung Kaluwatu, terdata 43 kepala keluarga (kk) yang terdampak banjir, dan dari 43 kk ini, ada 2 rumah rusak sedang dan 3 rusak ringan sementara 38 rumah lainnya tergenang banjir.

” Selain rumah warga juga ada beberapa infrakstruktur yang mengalami kerusakan seperti poros jalan Kaluwatu-Pindang kurang lebih 7 meter putus dan tidak bisa di lewati kendaraan roda 4 dan juga longsor dibeberapa titik menutupi badan jalan sehingga tidak bisa di lewati,” kata assisten I Yohanis Pilat.

Sementara, di Kampung Dagho Kecamatan Tamako, 4 rumah rusak berat dan jembatan beton penghubung antar Lindongan (lingkungan) putus. (*)