Kodim 1301 Sangihe Gelar Latihan Teknis Latnister TW II Latih Profesionalisme Anggota.

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Guna memelihara kemampuan dan meningkatkan profesionalisme Babinsa dalam pengetahuan teritorial, Kodim 1301/Sangihe menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) di Aula Makodim Jl. Tatehe Kelurahan Bungalawang Kecamatan Tahuna, Selasa (09/05/2023).

Latihan ini dibuka oleh Perwira Seksi Operasi (Pasi Ops) Kodim 1301/Sangihe Kapten Inf Teni M.Habel menyampaikan pengantar di mulainya kegiatan program bidang Ops yaitu Latnister TW II thn 2023, Pasi Ops berharap 5 (lima) Kemampuan Teritorial yang dimiliki Babinsa makin meningkat seiring tugas pembinaan, penguasaan wilayah Teritorialnya yang makin kompleks.

Lanjut “Tugas utama sebagai Apkowil itu diantaranya Babinsa harus selalu ada di hati masyarakat, selalu membantu kesulitan rakyat dan mendukung pembangunan serta percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah di tingkat Kelurahan yang bersinergi langsung bersama Aparat Pemerintah Desa serta perangkatnya, Ujar Kapten Inf Teni M.Habel.

Baca juga:  Diterjang Ombak 1,5 Hingga 2 Meter, Posal Marore Bersama Para Nelayan Selamatkan Kapal The Savior OF King

Pasi Ops juga berharap, setelah mengikuti Latnister ini, para Babinsa dapat memiliki ilmu dan wawasan yang lebih baik, sehingga mempunyai kemampuan dan rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas, demi kepentingan Bangsa dan Negara sesuai dengan tugas pokoknya sebagai Bintara pembina Desa, Harapnya.

Dalam latihan yang berlangsung dari tgl 08 hingga 13 Maret 2023 ini, peserta latnister diberikan materi Lima Kemampuan Teritorial yaitu Kemampuan Temu Cepat Lapor Cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat, Komunikasi Sosial dan Sikap Teritorial, yang diaplikasikan dengan praktek di lapangan, Imbuhnya.

Salah satu pemateri, yaitu Danramil 1301-05/Tahuna Kapten Inf Meynhard lolaroh. yang memberikan materi Kemampuan Teritorial mengatakan, Babinsa harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dengan segala lapisan masyarakat.

Baca juga:  Kinerja Triwulan IV Tamuntuan Dievaluasi Kemendagri RI? Begini Hasilnya

Kemampuan Teritorial harus dikuasai setiap Babinsa, karena dalam pelaksanaan tugasnya Babinsa secara langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga bisa menjalin komunikasi yang baik serta mampu memberikan solusi yang terbaik dalam penyelesaian permasalahan di wilayah binaan teritorialnya, Ujar Kapten Inf Meynhard lolaroh.

Menurutnya, “Kesiapan Aparat Komando kewilayahan (Apkowil) akan terwujud dengan belajar dan berlatih secara teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut. Sehingga melaksanakan latihan ini mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan oleh komando atas”, Pungkas Kapten Inf Meynhard lolaroh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *