Cegah DBD, Wabup Minta Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

SITARO, SASTALPos.com – Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) yang meningkat belakangan ini di sejumlah daerah menjadi perhatian serius Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kepulauan Sitaro, Drs John Palandung MSi.

Palandung mengimbau agar masyarakat dapat terus menerapkan pola hidup sehat. Selain itu dibutuhkan segera adanya gerakan masyarakat secara serentak berpartisipasi membasmi nyamuk sampai jentik-jentiknya.

“ Memberantas nyamuk dan membasahi jentik-jentiknya itu sangat diperlukan gerakan masyarakat secara serentak, dan kita mari bersama-sama berperilaku hidup yang sehat,” kata Palandung, Selasa (15/1/2019).

Ditambahkan Palandung, untuk pengasapan atau fogging yang dilakukan petugas kesehatan dari rumah ke rumah memang penting. Namun jauh lebih penting kalau tumbuh kesadaran masyarakat untuk membasmi nyamuk sampai pada jentik-jentiknya.

“Puskesmas-puskesmas dan rumah sakit yang ada untuk mengantisipasi peningkatan pasien, harus bekerja maksimal menangani masyarakat yang terserang penyakit DBD ini,” tegas Palandung sambil meminta kepada pada para kapitalau yang ada untuk terus mengingatkan masyarakat tentang kebersihan lingkungan.(*)