Hari Ini Perayaan Adat Tulude Sitaro Digelar

SITARO, SASTALPos.com – Perayaan pesta Adat Tulude  tahun 2019 dilaksanakan hari ini, Kamis (31/1/2019), bakal spektakuler. Pasalnya pagelaran adat tersebut, akan digelar akbar di Lapangan Batahi Ondong, Kecamatan Siau Barat.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen SE, menjelaskan pelaksanaan pesta adat tulude ini merupakan agenda tahunan. “Namun kali ini kita akan membuat sedikit berbeda. Dimana akan ada ribuan masa se-Sitaro yang turut berpartisipasi,” katanya.

Sementara itu Ketua Lembaga Adat Sitaro Herry Lano menambahkan, pagelaran adat tulude ini turut dirangkaikan dengan pengukuhan gelar adat pada salah satu tokoh yang berperan penting dalam kemajuan Sitaro, yakni Toni Supit SE MM.

Baca juga:  Cegah DBD, Wabup Minta Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

“ Beliau akan mendapatkan gelar Pololiwu Imangung Togha atau pemimpin yang sangat dicintai dan disayangi masyarakat, karena jasa dan kontribusinya selama dua periode berupaya memajukan dan menyejahterakan masyarakat Sitaro,” tambahnya.

Terpisah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Marlon Dalentang menjelaskan, dalam kegiatan tersebut turut diramaikan perwakilan seluruh masyarakat bagi yang dari Pulau Tagulandang, Biaro dan sekitarnya. “ Sedangkan dari Pulau Siau, setiap desa minimal akan membawa 100 orang. Lebih banyak lebih baik,” tandasnya.

Di sisi lain, tidak diperkenankan adanya perayaan tulude di tingkat desa bertepatan dengan perayaan tulude kabupaten. “Jadi kalau ada desa yang belum melaksanakan tulude, nanti dilakukan usai tulude kabupaten. Khusus hari ini, dalam menyemarakkan tulude, seluruh desa dan kelurahan diwajibkan menghias kampung dengan arkas (Janur) sebagai simbol perayaan,” kuncinya. (gun)

Baca juga:  Sasebohe : Mari Perangi Hoax

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *