by

Jelang UNBK, Wilayah Blank Spot Jadi Prioritas

SITARO, SASTALPos.com – Pengembangan jaringan internet di daerah kepulauan tahun ini bakal dinaikkan dan menjadi prioritas. Apalagi menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal itu dikatakan Wakil Bupati, Drs John Palandung MSi. Menurutnya, dalam waktu dekat penataan sistem dan jaringan sudah bakal dimulai.

“Memang masih banyak daerah kita yang blank spot. Dan itu akan kita perbaiki. Apalagi menjelang UNBK. Kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi. Pokoknya dalam waktu dekat, penataan sistem dan jaringan sudah mulai kita lakukan. Kan data juga sudah ada di SKPD terkait, jadi nanti akan dikoordinasikan untuk segera melakukan perbaikan. Yang pasti kita menjamin agar UNBK tahun ini bisa lancar,” Kata Palandung, Senin (14/1/2019).

Palandung juga mengatakan, bukan hanya jaringan yang bakal ditata menjelang UNBK. Tapi listrik untuk penggunaan komputer juga bakal menjadi prioritas.

“Sesuai kewenangan, Pemerintah Provinsi menata sistem dan jaringan hanya untuk SMA dan SMK serta SLB. Kalau SD sampai SMP itu kewenangan pemerintah kabupaten. Namun kita tetap akan berkoordinasi dengan pemerintahan provinsi bagaimana persiapan serta sarana dan prasarana,” Tandas wabup.

Sesuai ketentuan juga menurut Palandung, komputer yang bakal digunakan untuk UNBK bisa disewa. Tahun ini juga menurutnya, akan ada alokasi penambahan sarana dan prasarana untuk memperlancar UNBK.

“Ada alokasi dana dari pemerintah provinsi untuk sarana dan prasarana. Itu termasuk didalamnya daerah kepulauan. Jadi saya harap, UNKB tahun ini bisa berjalan dengan baik,” tutupnya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.