Sasingen: Pemkab Tetap Siaga

SITARO – SASTALPos.com – Bupati Kabupaten Sitaro Evangelian Sasingen SE dan Wakil Bupati (Wabup) Drs John Palandung MSi terus memantau lokasi lucuran lava Gunung Karangetang di Kampung Batubulan Kecamatan Siau Barat Utara. Selain itu Bupati dan Wabup juga mengunjungi pengungsi. Keduanya meminta agar warga Desa Batubulan yang tinggal di dekat kali Batu Are dan Malebuhe jangan dulu balik ke tempat tinggal mereka.

“Ada juga warga memilih bertahan, namun mereka jauh dari lokasi bencana. Sehingga kami terus memantau dan bersiaga agar saat mereka meminta evakuasi, segera diamankan. Pemkab terus siaga,” tutur Bupati, Rabu (6/2).

Baca juga:  TNI-Polri Sangihe, Lakukan Sosialisasi di Pasar Lesabe Terkait Pencegahan Penyebaran Covid 19

Dia menegaskan, pihaknya sigap melakukan penanganan pasca bencana. “Untuk evakuasi, kita memusatkan di dua lokasi. Gereja GMIST Nazareth Nimbaheng di Kawahang 16 KK, 54 jiwa serta di Kantor Kampung Batubulan 17 KK, 58 jiwa,” terangnya.

Sasingen mengatakan, pemerintah menjamin para pengungsi hingga keadaan kembali normal. “Pemerintah juga akan melakukan perbaikan agar warga tidak terisolasi. Saat ini kita juga terus melakukan penyaluran bantuan bagi korban terdampak, berupa logistik, serta berbagai kebutuhan pokok,” kuncinya.

Sementara itu, Wabup Palandung meminta semua pihak yang terkait dengan bencana Gunung Karangetang ini agar tetap siaga dan bekerjasama. “Semua yang terkait baik itu TNI, Polri, BPBD, Basarnas dan tim relawan lainnya harus terus siap siaga, sebab muntahan lava panas Gunung Karangetang belum ada tanda-tanda berhenti, jadi semua petugas harus siap, dan tidak kalah pentingnya harus ada kerja sama yang baik di lapangan,” tutur Palandung.

Baca juga:  Jelang Akhir Tahun, Disperindag dan Loka POM Sidak Harga dan Barang Kadaluarsa

Bupati dan Wabup beserta rombongan juga memantau langsung lelehan lava dari laut menggunakan Speedboat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *