by

Korslet Usai Listrik Padam, Diduga Penyebab Terbakarnya Satu Unit Rumah di Manente

SANGIHE, SASTALPos,com – Rumah milik Azis Abdul di Jalan Belimbing RT 08 RW 04 Kelurahan Manente Kecamatan Tahuna kabupaten kepulauan Sangihe. Rabu, (6/11/2019) sekitar Pukul 19.30 wita malam tadi. Hal itu terjadi sesaat lampu PLN menyala usai pemadaman.

Menurut keterangan saksi Okber Karaserang, sekira pukul 19.30 wita saksi sedang berada di dalam rumahnya, yang terletak tepat di depan rumah milik  Azis Abdul yang saat ini sedang di kontrakan oleh Keluarga  Mangadil – Mandalika. Dimana kondisi listrik  saat itu sedang dalam keadaan Padam. 

“ Ketika lampu kembali menyala saya mendengar suara ledakan dari bagian depan rumah Saudara Azis Abdul. Mendengar suara ledakan tersebut, saya langsung keluar dari dalam rumah dan mendapatkan bagian depan rumah tersebut sudah dalam keadaan mulai terbakar, saya langsung meminta pertolongan warga setempat dan bersama – sama berusaha memadamkan Api tersebut dengan alat seadanya. Dan kebakaran tersebut berhasil dipadamkan sekira Pukul 21.30 wita,” Kata karaserang yang juga dibenarkan oleh saksi Yohanis Agung.

Tampak pihak kepolisian Polres Sangihe melakukan olah TKP, berawal dari Meteran Lampu Listrik yang sesuai dengan keterangan saksi adanya ledakan setelah lampu menyala usai pemadaman.

Sementara itu, Penghuni rumah Renaldi Mangadil yang mengontrak rumah tersebut menjelaskan  Sekira pukul 18.30 wita, Dirinya bersama istri Yusilfia Mandalika, sedang keluar rumah untuk membeli susu di pusat perbelajaan, dimana kondisi listrik pada saat itu sedang dalam keadaan padam, 

“ Saya dan istri pulang kerumah, sudah mendapati kondisi rumah dalam keadaan terbakar dan masyarakat setempat sedang berupaya untuk memadamkan api dibantu oleh 1 (satu)  unit kendaraan Pemadam Kebakaran serta 1 (satu)  unit mobil tangki milik dari PDAM,” tutur Mangadil

Menurut Mangadil.  Ketika Dirinya dan istri meninggalkan rumah,  kondisi TV saat itu masih dalam keadaan terhubung dengan arus listrik yang saat itu sedang padam.

“ memang listrik padam saat kami pergi berbelanja Dan saya memasang 2 (dua)  buah lilin yang terletak di atas bangku plastik dengan posisi di lantai ruang tamu, sedangkan yang satunya berada di ruangan dapur,” Ungkapnya.

Kapolres Sangihe AKBP Sudung F Napitu, SIK melalui Paur Humas membenarkan terjadinya kebakaran dan pihaknya langsung mendatangi Tempat Kejadian Perkara (TKP) setelah mendapat informasi dan langsung melakukan olah TKP.

 “ Dari keterangan kedua saksi yang mendengar adanya ledakan dari depan rumah milik Azis Abdul. Dapat diduga terjadinya kebakaran akibat Korsleting pada saat lampu kembali menyala sekitar pukul 19.30 Wita ,” Paparnya.

Diketahui, kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa,  namun kerugian material diperkirakan sekitar Rp. 160.000.000 (seratus enam puluh juta rupiah).

Penulis : Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed