Tasin : Ketersediaan Obat dan BMHP di Tahun 2020 Cukup.

SANGIHE, SASTALPos.com – Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe terus berupaya memenuhi kebutuhan obat – obat dan BMHP yang ada di 17 Pukesmas di Kepulauan Sangihe.

” Stok / Ketersediaan Obat dan BMHP khusus Tahun 2020 cukup dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Bahkan sejumlah obat yang sempat kosong beberapa waktu belakangan ini, sudah masuk di akhir tahun 2019 ini, ” Kata Rillya Yety Tasin, S.Si,MKes,Apt. Kepala Seksi Kefarmasian, Alkes dan PKRT Dinkes Sangihe.

Rillya juga akui ada beberapa item Obat yang mengalami kekosongan di beberapa bulan di tahun 2019

Baca juga:  Putra Sangihe Ini Dilepas Tamuntuan Ikut Seleksi Paskibraka Nasional

” tapi sudah terpenuhi lewat pengadaan TA.2019 dan segera akan didistribusi ke 17 puskesmas di awal tahun 2020, hal ini dikarenakan menunggu proses pembayaran hingga akhir bulan ini,” jelasnya

Dirinya pastikan tahun 2020 tidak ada masalah lagi soal stok obat dikarenakan pembelian obat melalui anggaran DAK, DAU dan JKN / Kapitasi telah terealisasi.

” jadi untuk ketersediaan obat dan BMHP, diperkirakan tidak ada masalah di tahun 2020 nanti, dengan tetap akan mengupayakan segera merelasisikan pengadaan TA 2020 agar obat dan BMHP tetap tersedia,” ungkap Tasin.

Baca juga:  1 Unit KIA dan 3 ABK di Tahan PSDKP Tahuna

Penulis : Gun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *