by

Biografi Lengkap Helmud Hontong Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe

SANGIHE, SASTALPos.com – Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Helmud Hontong, SE (HH). Lahir di pulau kecil bernama Mahengetang dari Pasangan suami istri Simon Hontong dan Ema Takalawesang pada hari Jumat, 9 November 1962 anak ke – 9 dari 10 bersaudara.

Masa kecil embo Helmud sapaan akrabnya hidup dilingkungan keluarga sederhana dimana mata pencaharian dari sang ayah hanya sebagai seorang nelayan tradisional dan ibu sebagai penenun kerawang untuk menghidupi keluarganya.

Diusia 4 Tahun dirinya harus menghadapi pahitnya kehidupan di kala ayah tercinta yang merupakan tulang punggung keluarga harus meninggalkan mereka sampai selamanya (meninggal dunia).

Namun sebagai orang tua tunggal ibu Ema terus berjuang demi kehidupan anak – anaknya dengan membawa mereka ke ibu kota Kabupaten yakni Tahuna untuk mengenyam pendidikan.

PENDIDIKAN

Sang pemimpin fenomenal ini akhirnya duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) YPK 2 Tahuna lulus tahun 1974. Selama 6 tahun menempuh pendidikan dasar dirinya harus rela menjadi penjual keliling dengan naik turun rumah warga Tahuna, demi mencukupi kebutuhan hidup bersama kaka beradik.

Tahun 1979, lulus dari Sekolah Ekonomi Pertama ( SMEP) dan melanjutkan ke jenjang Sekolah menengah Ekonomi Tingkat Atas ( SMEA) lulus tahun 1982. Dengan sejulah prestasi yang ada sehingga selama di bangku SMEA diangkat menjadi ketua kelas.

Selepas dari bangku sekolah dirinya tidak langsung melanjutkan ke perguruan tinggi karena tidak memiliki biaya. namun memberanikan diri mengadu nasib ke luar negeri yakni Negara Amerika Serikat dengan salah satu kerabatnya di tahun 1999 – 2001 baru kembali ke Manado untuk melanjutkan pendidikan bangku kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pioner Manado lulus tahun 2004. Untuk mendapat biaya kuliah dirinya memanfaatkan talenta sebagai penyanyi sampai terkenal dengan meraih juara bintang Radio dan Televisi.

Setelah selesai belajar anak pulau yang bertalenta ini mencoba merintis usaha dibidang kecantikan yakni Salon dengan nama ” Helmud Salon ” keuletan dan kerja keras inilah sehingga mendorong maju dan dikenal dikalangan masyarakat Sangihe. Selain usaha salon, juga menjadi kontraktor.

Merasa sudah memiliki modal untuk menghidupkan pasangan. Tahun 2004 Embo langsung meminang salah satu putri cantik asal pulau Kawaluso bernama lengkap Rahel Sasamu dan menikah di Gereja menjadi pasangan suami istri pada 21 Februari 2004. Hasil dari perkawinan mereka, melahirkan anak tunggal bernama Geral Imanuel Hontong pada 1 Maret 2006 dan sekarang ini sebagai siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) Negeri 1 Tahun.

Helmud Hontong SE.memiliki 8 Kaka dan satu adik. Ini nama – namanya :

1. Hilariong Hontong membentuk keluarga Simon – Hontong saat ini berdomisili di Towo kelurahan Sawang Bendar Tahuna.
2. Hiltje Hontong membentuk keluarga Tatengkeng – Hontong berdomisili di kelurahan Apengsembeka Tahuna.
3. Haritje Hontong tidak menikah
4. Pautje Hontong membentuk keluarga Lintohhareng – Hontong berdomisili di Kampung Para kecamatan Tatoaleng
5. Juanda Hontong (Almarhum) membentuk keluarga Hontong – Kagiling
6. Hertje Hontong membentuk keluarga Nalangtimbang – Hontong
7. Rapni Hontong membentuk keluarga Hontong – Papia berdomisili di Likupang
8. Rotje Hontong membentuk keluarga Takasowa – Hontong berdomisili di Balikpapan
9. Helmud Hontong membentuk keluarga Hontong – Sasamu domisili Kelurahan Manente Tahuna
10. Ferdinand Hontong (Almarhum)meninggal ketika dilahirkan

KARIR POLITIK

Tahun 2009 mencoba terjun di panggung politik menjadi politisi Partai Golkar. Dan mencalonkan diri pada pemilihan Legislativ tahun 2009 di Daerah pemilihan (Dapil) Manganitu, Tamako, Manganitu Selatan, dan Tatoaleng. Terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe periode 2009 – 2014. Dalam pemilihan alat kelengkapan DPRD terpilih menjadi Ketua Komisi A.

Periode pertama ini mampu dimanfaatkan dengan baik menjadi wakil rakyat yang benar – benar melayani dan membantu masyarakat miskin yang masuk rumah sakit apabila tidak memiliki biaya.

Dari hasil perjuangannya yang suka menolong masyarakat inilah akhirnya di periode kedua pemilihan legislativ tahun 2014 kembali terpilih menjadi anggota DPRD Sangihe periode 2014 – 2017 dengan jumlah suara terbanyak dari semua anggota DPRD yang duduk di DPRD saat itu.

Sisa setahun mengahkiri masa jabatan di periode ke – 2 sebagai anggota DPRD. Tepat tahun 2016 diri diri untuk ikut dalam pemilihan kepala daerah Bupati dan Wakil Bupati. Berpasangan dengan Jabes E Gaghana (JEG)

Akhirnya pada 15 Februari 2017 pasangan JEG – HH terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe periode 2017 – 2022.

Helmud Hontong SE meninggal dunia Rabu, 9 Juni 2021 sekitar pukul 16 : 20 Wita di Bandara Sultan Hasanudin Ujung Pandang dalam perjalanan pulang setelah melaksanakan tugas pada pertemuan Wakil Bupati se – Indonesia di Kota Bali.

Helmud Hontong adalah seorang pemimpin yang tidak ingin menjelekan kelompok lain, seorang pemimpin yang merangkul seluruh kelompok baik itu kawan maupun lawan politik. Safari politik beliau telah menunjukkan bahwa beliau ingin membangun daerah ini bersama-sama.

Embo Helmud sangat banyak dicintai oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki perekonomian yang lemah maka penyakit para politikus di Sangihe ini mulai berulang, yaitu suatu penyakit yang disebut dengan SMS (susah melihat orang senang) dan ini merupakan salah satu penyakit yang tidak pernah sembuh karena politikus hanya ingin melihat lawan politiknya susah dan dia baru senang.

Hontong ditengah tekanan dan keterbatasan selalu sabar dan terus melayani masyarakat dengan pandangan tidak memandang latar belakang dan tidak pernah berpikir dirinya sebagai Wakil Bupati, bergaul tanpa siapa saja. Itulah sosok Helmud Hontong yang rendah hati dan sederhana menjadi teladan bagi kita semua.

Penulis : Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed