by

Tim PkM POLNUSTAR Ajari Kelompok Nelayan Kampung Palareng Cara Pengemasan Produk Olahan Ikan Roa

SANGIHE, SASTALPos. Com – Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Politeknik Negeri Nusa Utara ( POLNUSTAR) melaksanakan kegiatan dengan judul “Program Kemitraan Masyarakat Pengemasan Produk Olahan Ikan Julung-julung (Hemiramphus sp) untuk Peningkatan Ekonomi bagi Kelompok Nelayan di Kampung Palareng Kecamatan Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Propinsi Sulawesi Utara”.6-7 Juli 2021.

Kegiatan pengabdian ini diketuai oleh Costantein I. Sarapil, S.Pi, M.A dan anggota Eunike I. Kumaseh, S.Si, M.T.

Menurut, Sarapil Pengemasan berperan penting dalam menjaga mutu suatu produk makanan. Dan tujuan kegiatan PKM ini yaitu Pemberdayaan sumber daya perikanan khususnya ikan Julung – julung (Hemiramphus sp) di Kampung Palareng Kecamatan Tabukan Selatan Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Pemberdayaan kelompok nelayan di Kampung Palareng,

” tidak hanya menangkap ikan Julung – julung dan membuat produk olahan ikan secara tradisional, tetapi juga melakukan teknik pengemasan yang baik untuk produk olahan perikanan yang bermutu dan berkualitas sehingga dapat bersaing dalam pasar lokal maupun nasional, ” Papar Sarapil.

Ditambahkannya selain cara pengemasan tim juga membantu dalam hal pembuatan surat Ijin Usaha atau P-IRT (Produk Industri Rumah Tangga) oleh Dinas terhadap produk perikanan tersebut.

” Intinya kegiatan ini guna peningkatan pendapatan ekonomi kelompok nelayan di Kampung Palareng.serta membuat pengemasan terhadap produk olahan ikan asap Julung –julung, bagi masyarakat lokal lebih dikenal dengan sebutan ikan roa, ” Tutupnya.

Diketahui, kegiatan ini didanai oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Dan Pengurusan P-IRT dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe & pembuatan Ijin Usaha dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe. (Adv).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.