Sebelas Kelompok Nelayan Dapat Bantuan Perahu, Yang Bersumber Dari DAK 548 Juta

SANGIHE,SASTALPos.com—Sebanyak 11 kelompok nelayan di Kabupaten Kepulauan Sangihe mendapat bantuan 11 unit perahu, yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021 senilai Rp 548.500.000.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Gaghana kepada perwakilan kelompok nelayan di Boulevard Kelurahan Apengsembeka, Selasa (26/10).

Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Daerah Sangihe Reintje Tamboto mengatakan, tak hanya bantuan perahu yang diserahkan tetapi ada juga bantuan coolbox dan alat penangkap ikan (API) hand line.

“Total pagu anggaran untuk ketiga kegiatan ini yakni Rp 800.834.500 dengan rincian, 11 unit perahu Nelayan senilai Rp 548.500.000, 35 unit coolbox senilai Rp 57.634.500 untuk 9 kelompok dan 75 paket API hand line senilai 194.700.000 untuk 15 kelompok nelayan,” jelas Kadis.

Baca juga:  Dosen POLNUSTAR Bagi Ilmu Sanitasi, Higienis dan Teknik Penanganan Ikan Dengan Siswa SMK 1 Tabukan Tengah

Sementara itu, Bupati mengatakan penyerahan bantuan kepada masyarakat nelayan ini merupakan bentuk dari perhatian pemerintah untuk pengembangan usaha ekonomi masyarakat khususnya bagi masyarakat nelayan.

“Kiranya bantuan ini dapat bermanfaat dan  digunakan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin untuk kepentingan kelompok nelayan,” ujar Gaghana.

Lanjut dia, hadir juga dalam kegiatan penyerahan ini yakni Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kepulauan Sangihe Eri Yudianto yang telah mengawasi seluruh kegiatan. Mulai dari proses perencanaan lelang, pelaksanaan kegiatan, hingga penyerahan bantuan ini.

“Karena ini dana pemerintah dan harus tetap terawasi. Begitu juga nanti ketika sudah ada ditangan kelompok nelayan, jangan sampai bantuan ini dijual belikan. Pasti konsekuensinya akan berhadapan dengan masalah hukum. Jadi saya minta kelompok nelayan jangan coba-coba,” pungkas Gaghana.

Baca juga:  Breaking News! Cabor Biliar Ketambahan 1 Medali Perunggu dan Satu Atlet Masuk Final

Turut hadir, Kajari Kepulauan Sangihe Eri Yudianto, Anggota DPRD Sangihe George E Tampi, Pimpinan BSG Cabang Tahuna Eunike W Abram, Pimpinan OPD terkait, Camat dan Lurah dari kelompok nelayan penerima bantuan. (udy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *