by

KUPP Kelas II B Tahuna Ajak Warga Sangihe Gunakan Kapal Perintis Pada Sektor Usaha

SANGIHE, SASTALPos.com – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan terus berupaya melakukan berbagai program dalam rangka pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid -19. Hal ini juga dilakukan oleh Kantor Unit Pelaksana Pelabuhan (KUPP) Kelas II B Tahuna, dengan mengajak  masyarakat mengunakan Kapal Perintis dalam melakukan perjalanan laut dan Sektor Usaha.

Kepala KUPP Kelas II B Tahuna Holfried Balirangen SIP.MSi melalui PPK Meifrid Palenewen ketika dikonfirmasi mengatakan pihaknya mengajak warga Sangihe untuk bisa mengunakan kapal perintis dalam melakukan perjalanan laut dan sektor usaha.

” Kami sudah meningkatkan pelayanan dimana dulunya hanya melayani masyarakat dengan transportasi, namun sekarang sudah bisa melayani sektor usaha, ” Kata Palenewen Senin, (28/3/2022).

Menurut Meifrid , untuk kapal perintis di Sulawesi Utara, sekarang ini memakai sistem cluster atau sistem wilayah dalam arti  melayani per wilayah  seperti di Kepulauan. Sehingga jaringan konektivitas itu semakin jelas.

” Kalau warga yang mau melakukan kegiatan bisnis dari wilayah kepulauan ke wilayah lain dapat dilayani dengan baik dan tidak perlu takut lagi tidak ada transportasi laut. Tinggal menghubungi pihak KUPP untuk urusan administrasi. ” Jelasnya.

Ajakan ini, tentu sangat beralasan dimana dari biaya tiket maupun sewa kapal perintis dalam usaha sangat menguntungkan masyarakat penguna dikarenakan biaya murah dan adanya subsidi pemerintah pusat.

” Kalau ada masyarakat atau organisasi yang membutuhkan transportasi laut antar pulau di tiga kabupaten Kepulauan ini, bisa mengunakan kapal Perintis, ” Ungkapnya seraya menegaskan apabila Ada kebutuhan seperti itu untuk segera menyampaikan ke pihak KUPP baik soal tarif maupun rute pelayaran.

Diketahui, sekarang ini Ada 2 kapal Perintis  dari PT Pelni dan 1 kapal dari pihak swasta. Dua kapal ini melayani transportasi laut antar pulau di wilayah kabupaten Sangihe dan 1 kapal melayani transportasi  rute Pelabuhan laut Tahuna ke Kabupaten Talaud tapi home basenya  ada di Kepulauan Sangihe.

Penulis : Gun

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.