Wujudkan Lansia Sehat, Tim PKMS POLNUSTAR Berikan Penyuluhan dan Bentuk Posyandu di GMIST Imanuel Ulung Peliang Tamako

SANGIHE, SASTALPOS.COM –  Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat POLNUSTAR membentuk Posyandu Lansia guna mewujudkan Lansia Sehat. Di GMIST Imanuel Ulung Peliang Kecamatan Tamako. Senin, 26 September 2022.

Ketua tim pengabdian Detty J. Kalengkongan, S.Kep, Ns, M.Kes ketika membawakan meteri

Pengabdian kepada masyarakat ingin bertujuan untuk mewujudkan lanjut usia sehat, mandiri, berkualitas dan produktif harus dilakukan pembinaan kesehatan sedini mungkin selama siklus kehidupan manusia sampai memasuki fase lanjut usia dengan memperhatikan faktor-faktor protektif yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan lansia.

Pemeriksaan kesehatan kepada Lansia.

Dalam melaksakan kebijakan tersebut, oleh pemerintah dikembangkan program kesehatan lansia. Peningkatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya kesehatan lanjut usia melalui pos pelayanan terpadu (Posyandu)  lansia untuk kesehatan, kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

” Pos pelayanan terpadu (Posyandu) lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di suatu wilayah tertentu yang sudah disepakati, digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan.” Kata Ketua tim pengabdian Detty J. Kalengkongan, S.Kep, Ns, M.Kes dan anggota YeannekelYeannekel. Tinungki, S. Kep, Nes, M. Kes. Ketika membawa materi sosialisasi/penyuluhan tentang pembentukan Posyandu, tujuan serta manfaat.

Sambutan kepala puskesmas Siloam Tamako

Menurut Kalengkongan, besarnya jumlah penduduk lansia menjadi beban, jika lansia memiliki masalah penurunan kesehatan yang berakibat pada peningkatan biaya pelayanan kesehatan, sehingga dengan adanya Posyandu lansia sebagai unit pelayanan kesehatan terkecil yang ada di masyarakat merupakan program untuk meningkatkan status kesehatan lansia.

” Tujuan kegiatan pelaksanaan PKMS ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan tentang  kesehatan, baik fisik maupun psikologis serta dapat meningkatkan kesejahteraan lansia,” Paparnya.

Foto bersama MPJ GMIST Imanuel Ulung Peliang Tamako

Lanjutnya, sebelum mengakhiri kegiatan PKMS, melakukan pemeriksaan T.D, pemeriksaan Gula Darah, Cholesterol, Asam urat, selain itu, disepakati untuk pembentukan Posyandu Lansia bersama kader posyandu GMIST Imanuel Ulung Peliang Kecamatan Tamako.

” Nantinya dilaksanakan pemeriksaan 2 bulan sekali setiap tanggal 10 bulan berjalan, ” Ungkapnya.

Kesempatan itu juga, tim pengabdi menyerahkan bantuan alat untuk menunjang kegiatan posyandu berupa, Tensi Meter, Stetoskop, Timbangan BB, 1 Set alat pemeriksaan gula darah, Cholesterol dan Asam urat.

Diketahui, acara pembukaan turut dihadiri oleh  kepala kampung Ulung Peliang, Ketua MPJ GMIST Ulung Peliang, Pendeta pelayanan.

Dalam sambutannya  yang disampaikan oleh ketua MPJ  J.E. Antameng, SPd, juga menghimbau kepada lanjut usia yang hadir bahwa setelah terbentuknya posyandu lansia Jemaat, diharapkan untuk digunakan sebaiknya dalam mengontrol serta mendeteksi penyakit yang terjadi.

” Bantuan yang ada dapat dijaga dan dimanfaatkan sebagaimana mestinya, dan juga menyampaikan terima kasih kepada tim dosen Politeknik Negeri Nusa Utara atas partisipasinya serta kepedulian untuk membantu sehingga posyandu lansia yang diidam-idamkan oleh semua lansia, ” Ucap Antameng. (ADV).