Bicara Soal Penanggulangan Bencana, Tamuntuan Sambangi Kantor BNPB di Jakarta

SANGIHE, SASTALPOS. COM – Kepedulian dan kerja keras Pj. Bupati Sangihe dr. Rinny Tamuntuan patut diapresiasi pasalnya selama berada di Jakarta selalu melakukan lobi dan koordinasi ke semua kementerian guna pembangunan dan pengembangan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kali ini, Tamuntuan bicara soal penanggulangan bencana dengan BNPB, diterima langsung oleh Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat, Deputi Bidang Penanganan Darurat, Rustian.  di Kantor BNPB di Jakarta.Kamis, (10/11/2022).

Dalam Audiensi dengan BNPB, Bupati Tamuntuan menyampaikan maksud untuk mensinergikan pembangunan berkelanjutan terhadap peningkatan kapasitas penanggulangan bencana, karena mengingat Sangihe merupakan salah satu daerah yang tingkat indeks kebencanaannya berada pada posisi tinggi, sehingga peran Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat sangat dibutuhkan sinergitasnya.

“Kami membahas penanggulangan bencana, maupun penanggulangan pasca bencana agar BNPB dapat membantu Kepulauan Sangihe dalam mengahadapi bencana maupun dampak bencana kemarin dimana fasilitas publik maupun properti warga turut hancur atau rusak akibat ombak besar menghantam pesisir pantai di beberapa wilayah di Sangihe” Kata Tamuntuan.

Kesempatan ini juga, Pj.Bupati membahas agenda restrukturisasi pasca bencana, langkah-langkah apa yang dilakukan untuk mendapatkan bantuan. Sekaligus menyampaikan proposal Permohonan bantuan akibat kejadian bencana alam gelombang tinggi yang berdampak pada kerusakan rumah warga yang ada di pesisir pantai juga infrastruktur jalan dan tanggul pemecah ombak.

” Tentu kami berharap kehadiran pemerintah daerah di BNPB dapat menyakinkan BNPB untuk menindak lanjuti persoalan bencana alam di Sangihe, juga menindak lanjuti proposal dari Pemkab Sangihe, ” Tutupnya. (Gun).