Dinkesda Sangihe Bersinergi Bersama Pemda, Pasandaran Rindu Pelayanan Kesehatan Meningkat Di Pulau Perbatasan

SANGIHE SASTALPOS. COM- Dinas Kesehatan Daerah (Dinkes) Sangihe ikut bersinergi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sambangi Pulau Terluar Perbatasan Indonesia Filipina.

 

Kepala Dinas Kesehatan Daerah Sangihe, Handry Pasandaran Kepada media ini mengatakan ada Upaya Dinas Kesehatan Daerah Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Pulau Terluar.

 

“Jadi memang upaya untuk kedepanya supaya kita meningkatkan Kualitas Pelayanan, selama ini pemerintah telah berupaya mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan cara menghadirkan puskesmas-puskesmas di pulau terluar dan sarana yang ada di sana. Namun tentunya kedepan kegiatan kegiatan kunjungan di pulau terluar seperti ini bisa lebih intens lagi tentunya menjadi kerinduan dan harapan masyarakat pulau terluar”. Jelas Pasandaran.

Baca juga:  Kepala BKPSDM Sangihe Masuk Bui, Wolf : SL Bakal Dinonaktifkan Dari Jabatannya

Pasandaran Juga Menjelaskan Dinas Kesehatan daerah Sangihe kedepanya Sudah ada agenda agenda Kunjungan di Pulau terluar.

“Kami setiap tiga bulan sekali tetap ada kunjungan. , Walaupun tidak selalu dihadiri Oleh Kepala Dinas tetapi bidang bidang teknis terkait secara rutin berganti ganti tetap mengunjungi wilayah perbatasan di Nusa Tabukan, Kahakitang, Marore yang akan menjadi wilayah kerja dinas Kesehatan. Kata Pasandaran.

 

Sementara itu Menurut Pasandaran ada Program Unggulan Dinas Kesehatan Daerah Sangihe dalam Pendekatan Pelayanan Kesehatan.

 

“Kami Sudah membuat telemedesin seperti misalnya ada yang di marore bisa berkonsultasi di RS Liunkedage Secara Manual misalnya membuat surat rujukan tetapi secara eletronik bahkan mereka bisa berkomunikasi lewat video Konferens”. Tutur Pasandaran.

Baca juga:  Perketat Prokes dan Peningkatan Vaksin Polsek Tamako Himbau Warga di lokasi Pasar dan Pertokoan

“Tapi karena kemarin jumlah orang banyak di marore , Bandwith di Marore kan terbatas dan jumlah Hp banyak Maka Jaringan Sering Lemot Walaupun jaringan Forji , juga karena BPS Kemampuan Jaringanya Sangat Minim melebihi kapasitas yang ada, akibatnya jaringan terganggu. Tapi dalam keadaan Normal Puskesmas Marore dengan RS Liunkedage menggunakan telemedesin Video Conference dan program ini sudah jalan dari tahun lalu. Tutup Pasandaran, Sabtu (25-03/2023).

 

Reporter/editor: Jay Bawole

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *