Semangat Untuk Bangkit’ Lapas Tamako Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 115 Tahun

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Tamako – Senin (22/05/2023) Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Tamako Kanwil Kemenkumham Sulawesi Utara menggelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 115 Tahun.

Hari Kebangkitan Nasional adalah momen yang menandai tumbuhnya rasa kesadaran nasionalisme, persatuan, kesatuan, dan kesadaran masyarakat Indonesia sebagai suatu bangsa, peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini mengacu pada tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo pada 20 Mei 1908. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang sejarah pergerakan pemuda Indonesia.

 

Pelaksanaan upacara pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Tamako ini dilaksanakan di lapangan Lapas Tamako yang diikuti oleh seluruh pegawai serta warga binaan pemasyarakatan. Adapun tema Peringatan Harkitnas tahun ini adalah, Semangat untuk Bangkit yang bermakna membangkitkan nilai nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran memerdekakan harapan masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Tamuntuan Hadiri Pencanangan Kampung Siaga Bencana dan Simulasi Bencana di Nusa Tabukan

 

Upacara ini berjalan dengan lancar dan khidmat yang dipimpin oleh PLH Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Tamako (Lazarus Hontong) selaku Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Lazarus menyampaikan bahwa hendaknya kita dapat memaknai semangat pantang menyerah Budi Utomo yang telah meletakkan tiga cita – cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita – cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

 

Dalam kesempatan ini juga Inspektur Upacara membacakan sambutan Plt. Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Beliau menyampaikan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan apa yang telah dicapai.

Baca juga:  Kasus Covid -19, Kecamatan Tahuna Timur Mendominasi, Tabukan Utara Meningkat

 

“Tentu kita berharap agar capaian-capaian ini dapat kita pertahankan dan terus tingkatkan demi kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa Indonesia. Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *