Dengan Semangat Kebhinekaan, Lapas Tamako Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Tamako – Kamis (01/06/2023) Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Tamako Kanwil kemenkumham Sulawesi Utara menggelar upacara bendera di Lapangan Hijau. Upacara ini dimulai pada pukul 08.00 tepat dan diikuti oleh seluruh Pegawai Lapas Kelas III Tamako.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun ini mengusung tema “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global”. Kurang lebih tema ini bisa diartikan sebagai acuan semangat untuk seluruh warga negara Indonesia dalam membangun negaranya dengan cara bergotong royong yang sudah menjadi kearifan lokal kita.

 

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kepala Lapas Tamako Widodo, Dalam amanatnya,  Kalapas membacakan sambutan dari Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden mengingatkan kembali bahwa Pancasila adalah pondasi dari negara kita ini, yang diwariskan oleh The founding fathers kita, Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Presiden juga menekankan untuk mengingat kembali ideologi yang menjadi jangkar dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ini, serta harus terus memegang teguh ideologi tersebut untuk memperkokoh kemajuan bangsa.

 

Lebih Lanjut Kalapas Tamako (Widodo) menyampaikan untuk seluruh jajarannya agar dengan semangat kebhinekaan ini, dijadikan momentum agar terus berupaya memberikan yang terbaik untuk organisasi tempat kita bekerja.

“kita disini mungkin ada yang berasal dari berbagai daerah, dan hal itu tidak menyurutkan semangat kita dalam memberikan perubahan yang terbaik untuk Lapas Tamako ini, entah darimana asal saya maupun kalian, kita ini tetap satu, yaitu warga Negara Indonesia, jadi sudah kewajiban kita untuk memberikan yang terbaik bagi nusa dan bangsa”, pungkas Kalapas. Kegiatan upacara bendera ini pun berjalan dengan penuh khidmad dari awal sampai selesai, dan berakhir dengan aman dan lancar. (Jay)