Status Gunung Awu Sangihe Waspada, Begini Kata Petugas PGA

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Gunung Awu yang merupakan Gunung Berapi di Kabupaten Kepulauan Sangihe Kembali dikabarkan berstatus Level II Waspada.

 

Didi Wahyudi salah satu petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) yang beralamat di Jl. Radar Tahuna, Kecamatan Apengsembeka, Kabupaten Kepulauan Sangihe Saat di konfirmasi awak media menerangkan bahwa status terakhir Gunung Awu per tanggal 26 Juli 2023 masih dalam level II atau Waspada.

 

”Perkembangan Gunung Api Awu hingga tanggal 26 Juli 2023 masih berstatus Level II atau Waspada. Diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA). Telah terjadi kenaikan kegempaan yang diduga akibat pergerakan magma ke kedalaman yang lebih dangkal. Hal ini ditandai dengan peningkatan jumlah gempa vulkanik-dangkal (VB) dan gempa vulkanik-dalam (VA) yang relatif tinggi, juga sejak tanggal 12 Juli 2023 hingga tanggal 25 Juli 2023 sudah terjadi VB sebanyak 129 kali kejadian dan VA sebanyak 95 kali kejadian”, jelas Wahyudi

Baca juga:  Bukti Jejak Perjalanan Misionaris di Sangihe Talaud, HUT GMIST Ke 76 Dan HPI 166 Tahun Membawah Kebersamaan Pemerintah Dan Jemaat

 

Dirinya juga menghimbau dan mengingatkan agar masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati atau beraktivitas didalam radius 3 kilo meter dari kawah puncak Gunung Awu.

 

”Pada tingkat Level II (Waspada) ini masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas didalam radius 3 kilo meter dari kawah puncak gunung awu, karena mengingat potensi bahaya gas vulkanik konsentrasi tinggi serta lontaran batuan jika terjadi erupsi tanpa didahului oleh gejala kenaikan aktivitas,” Pungkasnya.

 

Hingga hari ini status aktivitas gunung Awu masih berada pada level II atau Waspada. Radius dan jarak rekomendasi akan dievaluasi terus untuk antisipasi jika terjadi gejala perubahan ancaman bahaya serta tingkat aktivitas gunung awu akan ditinjau kembali jika terdapat perubahan visual dan kegempaan yang signifikan.( *)

Baca juga:  Kapoles Sangihe Pimpin Upacara Korps Raport

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *