Kampung Bengketang Terima Pelatihan Cloud Computing dari Tim PKM POLNUSTAR

SANGIHE, SASTALPOS.COM – Tim Pengabdian kepada masyarakat ( PKM) Politeknik Negeri Nusa Utara ( POLNUSTAR) hadir di Kampung Bengketang Kecamatan Tabukan Utara memberikan pelatihan Cloud Computing untuk manejemen kampung. Senin, (4/9/2023).

Tim PKM yang diketuai oleh Noldy Sinsu, S.Pd.,M.Kom beranggotakan Arifin P. Tindi, M.Kom, Oktavianus Lumasuge, M.Kom dan Desmin Tuwohingide, S.T., M.Kom tesebut langsung memberikan materi sekaligus praktek.

Menurut ketua Tim PKM, pemanfaatan media digital perlu ditunjang dengan sumberdaya manusia yang memiliki kemampuan dalam mengelola data digital untuk tata kelola dokumen, dimana pada kampung bengketang belum memanfaatkan teknologi digital dikarenakan masih menggunakan papaerbase untuk manajemen dokumen.

” Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, maka adapun solusi yang tawarkan yaitu dengan memperkenalkan cloud computing dengan memanfaatkan google drive serta fitur yang ada dalam google docs antara lain spreadsheet, pengolah kata, presentasi dan lain sebagainya, sehingga mitra dapat secara efektif dan efisien dalam melakukan manajemen dokumen yang terintegrasi.” Kata Sinsu.

Usai memberikan materi Tim PKM-UPS dan perangkat kampung melakukan praktikum secara langsung. Sekaligus mendampingi perangkat kampung yang mengikuti pelatihan dengan memberikan pemahaman tentang hardware, software serta brainware.

” Hardware terkait dengan device yang digunakan secara fisik baik laptop maupun handphone, software terkait perangkat lunak yang diperlukan dalam mengelola manajemen dokumen sedangkan brainware menyangkut kemampuan menguasai software yang akan digunakan dalam pengelolaan manajemen dokumen dengan menerapkan cloud computing.” Tandas.

Pelaksanaan kegiatan ini disambut baik dan antusias oleh Kapitalaung dan perangkat kampung bengketang. Dalam sambutannya, Kapitalaung Bengketang, Desmon Lesawengen berterima kasih kepada TIM PKM-UPS Polnustar karena melalui kegiatan ini, pihak mitra bisa mendapatkan literasi dan pengetahuan tentang pengelolaan manajemen dokumen menggunakan cloud computing dengan memanfaatkan google drive.

” Adanya pelatihan ini saya berharap melalui pelatihan ini dapat mengemplementasikan manajemen dokumen menggunakan cloud computing agar Pemerintah Kampung Bengketang dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui layanan berbasis online sehingga tercipta pelayanan yang efektif dan efisien, transparansi nilai bahkan manajemen dokumen yang bisa diakses kapan saja dan dimana pun selama terkoneksi dengan jaringan internet.” Tutupnya. (ADV).