Ronny Sompie Apresiasi Gerakan Bersih-bersih di Pelabuhan Manado

Manado, SASTALPOS.COM – Aksi bersama membersihkan Pelabuhan Manado pada 22 September 2023 kemarin, yang diprakarsai Walikota Manado Andrei Angouw, mendapat apresiasi tinggi dari tokoh Sulut, Irjen Pol. (Purn) Dr. Ronny F Sompie. Hal ini disampaikan Sompie saat menghadiri peringatan HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara di TMII Jakarta.

Sompie mengungkapkan kebanggaannya atas inisiatif Walikota Manado untuk membersihkan Pelabuhan Manado dari sampah. Gerakan bersama ini diharapkan akan menjadi pemicu bagi masyarakat Kota Manado untuk menjadikan kebersihan dan ketertiban sebagai budaya yang dijunjung tinggi.

Lebih lanjut, Tokoh Sulut ini menekankan perlunya melanjutkan gerakan bersih ini hingga menjadi kebiasaan budaya, dimana masyarakat bersama-sama menjaga kebersihan, kenyamanan, dan keindahan Kota Manado sebagai Ibukota Provinsi Sulawesi Utara.

Sampah, yang sering menjadi permasalahan di banyak daerah di Indonesia, mendapat perhatian khusus dari Ronny Sompie. Selain memberi apresiasi terhadap gerakan bersih di Kota Manado, ia mendorong sosialisasi dan implementasi konsep zero waste dalam pengelolaan dan pengolahan sampah.

“Saya menyarankan agar budaya kebersihan di advokasi sebagai gerakan untuk mencegah pembuangan sampah sembarangan. Dimana lebih menekankan tanggung jawab bersama, dan membangun manajemen pengelolaan sampah dari sumbernya. Upaya ini diharapkan akan mengurangi beban pengolahan sampah di  TPS dan TPA.

“Melalui pengelolaan sampah yang baik dari sumbernya, diharapkan dapat mengurangi beban pengolahan sampah. Baik itu di TPS dan TPA,” ungkap Ronny Sompie.

Ia juga menambahkan bahwa pengelolaan sampah yang efektif dapat menghasilkan nilai ekonomi. Serta berpotensi sebagai inovasi produksi energi terbarukan serta pupuk organik yang bermanfaat.

Pemikiran ini senada dengan penghargaan yang pernah diterimanya sebagai tokoh yang berjasa, Bintang Jasa Utama, dari Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2019. (***/ADV)