Sangihe Eksport Ikan Tuna Ke Filipina ,Begini Harapan Tamuntuan

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Kini Kabupaten Kepulauan Sangihe mulai instens membuka peluang perdangan lintas batas negara melalui Eksport ikan Tuna di negara tetangga Philipina.

Terpantau di pelabuhan Nusantara Tahuna (29-1/24) , Eksport Perdana  ikan tuna tersebut di Lepas Langsung Penjabat Bupati Kepulauan Sangihe dr Rinny Tamuntuan.

Sebanyak tiga ton ikan jenis tuna serta 100 kilo gram anak tuna yang akan menjadi sampel pengiriman dikirim sekaligus lewat KM. Nelayan 2016-5, dari titik tambat pelabuhan Nusantara Tahuna ke Fishport General Santos.

Siapa yang sangka , ikan tuna tersebut dikirim dari Sangihe bakal dibeli oleh perusahaan Glaukos Trading Corporation milik petinju Immanuel D. Pacquiao petinju kelas dunia yang banyak diketahui Publik .

Baca juga:  Tamuntuan Buktikan Kerja Kerasnya, Ternyata Ini

Rinny Tamuntuan di kesempatan itu menyampaikan awal mulanya export ikan tuna ke Gensan City Filipina ini, sebagsi hasil sektor kelautan dan perikan Sangihe telah memberi dampak ekonomi positif bagi warga nelayan bahkan pemerintah daerah.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan, karena telah memberikan berkat yang begitu besar lewat hasil kekayaan sumber daya laut, sehingga saat ini kita boleh melakukan export Perdana Ikan tuna ke Filipina, dengan harga yang sangat menguntungkan,” Jelas Rinny .

Pemimpin wanita ini turut mengingatkan hasil perikanan untuk export tentunya memiliki banyak pesaing dalam pasaran, sehingga kualitas ikan hasil tangkapan yang akan diexport harus dijaga dengan ketat

Baca juga:  Mantapkan Persiapan Jelang Kegiatan, Begini Himbauan Ketua Panitia Selebrasi Paskah Pemuda GMIST

“Jadi, untuk ikan yang akan diexport kualitasnya harus dijaga dengan baik. Selain itu, komitmen, konsistensi serta sinergitas yang solid antar lembaga dan komponen masyarakat terkait juga harus tetap terjaga, termasuk terciptanya legitimasi kerjasama serta hubungan bilateral yang harmonis antara Indonesia dengan negara tetangga Filipina,” Pungkas Tamuntuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *