Hadiri Rakornas Persiapan Pengadaan CASN 2024, Ini Kata Tamuntuan

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Kamis  (14-3/24) .Bertempat di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Penjabat Bupati Sangihe dr.Rinny Tamuntuan menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) terkait Persiapan Pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024

Rakornas tersebut diselenggarakan Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ini turut dihadiri Oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, serta para undangan yang terdiri atas seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian, Kepala Daerah, dan Unsur Bidang Kepegawaian dari seluruh Indonesia.

Diselah -Selah Pelaksanaan Rakornas , Abdullah Azwar Anas Menteri PAN-RB mengatakan beberapa prioritas Sumber Daya Manusia untuk memenuhi kebutuhan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 yakni melalui fresh graduate yang memiliki kemampuan digital, menjadi sasaran SDM yang akan direkrut pada seleksi CASN tahun ini.

Data yang terangkum media ini bahwa Kementerian PANRB telah menerima usulan kebutuhan ASN dari berbagai instansi pusat dan daerah sebesar 1,38 juta; dan sudah ditetapkan formasinya sebanyak 1,28 juta untuk memenuhi kebutuhan ASN secara nasional sebesar 2,3 juta secara bertahap. ASN tersebut terdiri atas dua kategori, yaitu CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate, serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks THK-2 yang telah masuk basis data Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga:  Selain Bangun Jalan, TMMD 112 Kodim 1301/Sangihe Berbagi Sembako di Kampung Pindang

“Pemerintah menyiapkan ASN talenta digital dari kalangan fresh graduate yang akan menjadi akselerator mesin birokrasi dan pelayanan publik. Arah kebijakan rekrutmen ASN talenta digital didesain berdampak mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional, mulai digitalisasi sektor pertanian, perindustrian, pariwisata, produksi UMKM, dan perdagangan,” jelas Menteri PAN-RB.

Selain talenta digital, Menteri Anas juga menambahkan bahwa prioritas pemenuhan SDM di bidang Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemenuhan SDM untuk Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal senada di sampaikan Rinny Tamuntuan, yang didampingi Oleh  Pejabat Pembina Kepegawaian Fanny Koloa, mengatakan bahwa Rakornas ini sangat penting sebagai agenda strategis kepentingan Daerah karena membahas persiapan pengadaan ASN Tahun Anggaran 2024.

Baca juga:  Ancaman 7 Tahun Penjara, Oknum Pejabat Pemda Sangihe Dipindahkan Ke Rutan Kelas II B Tahuna

“Saya telah menerima Surat Keputusan Menteri PANRB tentang penetapan kebutuhan pegawai ASN di Lingkungan Insatansi Pemerintah Daerah Kab. Kepulauan Sangihe TA. 2024. Namun, kami belum bisa menyampaikan berapa banyak persetujuan untuk jumlah ASN yang akan diterima karena masih ada tahapan dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN),” Kuncinya. (Jb)