Begini Situasi Terkini Gunung Awu Sangihe, PGA Gunung Awu Keluarkan Rekomendasi Untuk Masyarakat

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Pos Pengamatan Gunung (PGA) Awu Sangihe terus memantau perkembangan aktivitas gunung berapi kabupaten Kepulauan Sangihe yang telah berstatus Level III Siaga, Kamis (18-4/24).

Selama periode pengamatan pukul 12.00 -18.00 Wita secara  meteorologi Cuaca berawan dan mendung. Angin bertiup lemah ke arah selatan. Suhu udara 25-28 °C dan kelembaban udara 64-70 %.

Terpantau secara Visual , Gunung terlihat jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis dan tinggi 5-20 m di atas puncak kawah.

Terdeteksi secara kegempamaan gunung Awu Sangihe; Tektonik Jauh dengan Aplitudo berjumlah 6 : 6-22 mm, S-P : 12-14 detik, Durasi : 46-75 detik.

Baca juga:  Proyek ' Siluman ' di Enemawira Ternyata Milik PUPR RI

Melalui perkembangan aktivitas gunung Awu terkini , Subandrio K. Puyo petugas PGA Awu Saat membuat laporan mengeluarkan rekomendasi seperti ;

1. untuk masyarakat, pengunjung/wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 5 kilometer dari kawah puncak G. Awu.

2. Masyarakat di sekitar G. Awu diharap tetap tenang, tidak terpancing isu-isu mengenai aktivitas G. Awu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat harap mengikuti arahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

3. Masyarakat maupun Pemerintah Daerah dan instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan tingkat aktivitas maupun rekomendasi G. Awu setiap saat melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diakses melalui website https://magma.esdm.go.id atau melalui aplikasi android MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Play.

Baca juga:  Banjir Melanda Desa Laine ,Warga Butuh Pertolongan

hingga Sastalpos com memberitakan , pihak PGA Gunung Awu Sangihe tetap terus memantau aktivitas gunung Awu Sangihe.

(Jay)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *