Pemkab Sangihe Adakan Koordinasi Terkait Status Peningkatan Gunung Awu Sangihe,Ini Hal Yang di Bahas

SANGIHE.SASTALPOS.COM- Kamis (18-4/24) Melalui peningkatan status gunung Awu Sangihe yang berstatus Level III Siaga , Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sangihe bersama Unsur Forkopimda melakukan Koordinasi berlangsung di aula Kantor Camat Tahuna, pada Kamis (18/04/24).

Koordinasi tersebut guna mengambil langkah preventif Untuk memitigasi akan terjadinya Erupsi serta  mengantisipasi ketika terjadi bencana.

Penjabat Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan kepada awak media mengatakan bahwa adanya Tanggungjawab Pemerintah untuk selalu hadir guna mencari solusi bersama ketika menghadapi segala sesuatu Kedepan.

“Jadi hal – hal yang kami lakukan untuk memitigasi terkait dengan adanya peningkatan Status Gunung Api Awu ini, dengan menutup beberapa akses jalan yang menuju ke Gunung Api Awu ini dengan memasang baliho pelarangan untuk masuk.” jelas Tamuntuan.

Baca juga:  Kesbangpol Sangihe ; Selamat Kepada PJ Bupati Sangihe

Srikandi Nusa Utara Sangihe ini juga mengungkapkan pihak Unsur Forkopikda bersama Stake Holder dari tim Pos Pengamat Gunungapi Awu (PGA) Sangihe terus melakukan kordinasi lebih lanjut.

“‘Kami sudah melakukan Koordinasi untuk mengantisipasi kemungkinan – kemungkinan yang akan terjadi dan langkah apa yang akan dilakukan,” Lanjutnya.

Sementara itu , Asisten 1 Johanis Pilat juga angkat suara dengan menjelaskan beberapa metode yang akan didesain dan nanti melalui Camat akan dilanjutkan kepada lurah – lurah.

“Kami akan melakukan desain kemana akan mengungsi, titik kumpulnya dimana, termasuk kendaraan yang akan digunakan untuk mengevakuasi jika terjadi erupsi gunung Awu,” Kata Asisten 1 menerangkan.

Baca juga:  Tamuntuan Sambangi Pekerja TPA , Bakal Lobi Bantuan Fasilitas Pengelolaan Sampah di Jakarta

Lebih lanjut saat di konfirmasi awak media , Kepala Badan (Kaban) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wandu Labesi mengatakam juga bahwa di tahun 2020 yang lalu lewat program BNPB telah menyusun rencana Kontinjensi dalam rangka memitigasi erupsi gunung Awu.

” Nanti akan saya sampaikan kepada Camat Tahuna dan yang lainnya tentang rencana Kontinjensi yang sudah di susun pada tahun 2020 yang lalu terkait penanganan erupsi gunung Awu, termasuk kemana akan mengungsi dan lainnya,” tutur labesi meyakinkan masyarakat.

Turut hadir juga , Camat dan Lurah Tahuna bersama dengan stakholder lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *