by

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Pemkab Optimalkan Puskesmas

SITARO, SASTALPos.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) melalui Dinas Kesehatan akan mengoptimalkan pelayanan kesehatan warga melalui peran Puskesmas yang tersebar di bumi Karangetang Mandolokang Kolo-kolo.

Kepala Dinas Kesehatan Sitaro Ria Papalapu, mengatakan, pelayan kesehatan diupayakan bisa dinikmati warga hingga di pelosok atau di pulau-pulau.

“Komitmen kami warga bisa dengan mudah mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Papalapu

Ditegaskannya pula, pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran sekira Rp15 miliar untuk bantuan operasional kesehatan untuk Puskesmas.

“Bantuan ini diarahkan untuk program Standar Pelayanan Minimal (SPM) di Puskesmas, tegasnya.

Papalapu menyebutkan, SPM adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan pemerintah wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. “Estimasi setiap Puskesmas menerima bantuan sekira Rp1 miliar dengan jumlah Puskesmas 13 unit,” sebut dia.

Papalapu menambahkan, SPM ini memuat beberapa pelayanan dasar yaitu pelayanan kesehatan ibu hamil sesuai standar antenatal, pelayanan kesehatan ibu bersalin, pelayanan kesehatan bayi yang baru lahir, pelayanan kesehatan pada usia pendidikan dasar dan produktif, serta pelayanan kesehatan terhadap berbagai penyakit. “Kita berharap dengan bantuan ini, SPM dari Puskesmas mencapai 100 persen,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sitaro Evangelian Sasingen, mengungkapkan, pelayanan kesehatan merupakan salah satu perioritas pemerintah daerah secara berkesinambungan.

“Melalui peran Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, pemerintah akan memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk masyarakat. Sebab, kesehatan mempunyai peranan penting dalam memajukan daerah ini. Bagaimana mau maju, jika warganya sakit-sakitan. Karena itu, pelayanan kesehatan terus dioptimalkan,” urainya.(*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed