Pilkada Sulut, Pembuktian Kekuatan JEG, HH, HRM dan MT di Sangihe

SANGIHE, SASTALPos.com – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Propinsi Sulawesi Utra menjadi ajang pembuktian kekuatan dari beberapa politisi yang masuk dalam Tim Kampanye ketiga Pasangan Calon (Paslon) CEP – Sehan nomor Urut 1, VAP – Hendri Nomor urut 2 dan Olly – Steven nomor urut 3.

Secara otomatis pemilihan Gubernur kali ini menjadi ajang pertarungan bergensi bahkan menjadi referensi dukungan dari beberapa ketua partai pengusung bahkan figur potensial menuju pilkada Sangihe kedepan.

Pertarungan bergensi ini kembali terjadi antara Jabes E Gaghana (JEG) sebagai ketua partai Golkar (PG) Sangihe dan Hironimus Rompas Makagansa (HRM) Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dimana pertarungan ini pernah terjadi di pemilihan Bupati dan wakil Bupati tahun 2017 dan dimenangkan oleh Paslon ” Megahagho” Gaghana – Hontong.

Sebagai ketua PG Sangihe JEG tentunya memiliki kepercayaan diri memenangkan paslon CEP – Sehan di tanah Tampungang Lawo ini, sebab JEG juga merupakan Bupati yang memiliki kekuasan penuh. Dengan memasang target 70 persen perolehan suara.

” tentu semua punya target. Ini realistis pertama,  PG pemegang kekuasaan pemerintahan Eksekutif. Belum ditambah dengan kekuatan koalisi partai PAN dan Demokrat untuk memperkuat barisan untuk mencapai target 70 persen,” Kata Gaghana yang juga Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe ini kepada sejumlah awak media ketika usai musda PG pekan lalu.

Sementara PDI Perjuangan Sangihe yang masih dinakodai oleh HRM tetap optimis Partai berlambang kepala banteng ini bakal menang dengan angka 75 persen untuk paslon Olly – Steven di kepulauan Sangihe.

” Target ini tentu beralasan dimana secara garis partai PDIP sampai hari ini tetap Solid ditambah dengan kekuatan koalisi Partai Gerindra, Perindo, PKB, PPP dan PSI, juga ada simpatisan Olly – Steven dari Partai diluar koalisi. Tentunya kami memiliki keyakinan akan kemenangan ini,” tandas mantan Bupati Sangihe periode 2013 – 2017 ini.

Lain hal dengan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) yang mengusung Paslon VAP – Hendri belum memiliki target khusus di Kepulauan Sangihe,

” memang kami tidak diberikan target oleh Paslon nomor 2 di kepulauan Sangihe, namun sebagai Anggota Dewan, Pengurus dan seluruh kader dan simpatisan partai tentunya bergerak tegak lurus untuk memenangkan paslon VAP – Hendri,” ungkap Michael Thugari Wakil Ketua DPRD Sangihe dari Partai Nadem ini.

Disisi lain, Figur potensial yang memiliki pendukung fanatik Helmud Hontong Wakil Bupati Kabupaten Sangihe dalam Pilgub kali ini menyatakan dukungannya kepada paslon nomor 3 Olly – Steven.

” saya Simpatisan Pak Olly – Steven, dan akan all out untuk memenangkan paslon nomor urut 3 ini, saya minta semua pendukung saya untuk memilih pak Olly, ” tegas embo Helmud.

Menurut mantan Sekertaris PG Sangihe ini, dirinya memilki keyakinan Olly – Steven menang telak di Sangihe. Pasalnya dalam hitungan politik pendukung Olly – Steven sangat merata di daratan maupun wilayah kepulauan.

” Kader dan simpatisan PDIP, Gerindra, PKB yang memiliki kursi di DPRD cukup kuat di tambah pendukung dan simpatisan Saya akan memungkinkan Tim Pemenangan Olly – Steven bisa mencapai target,” papar ketua Barisan Militan Olly Dondokambey (BMOD) Kabupaten Sangihe.

Dilihat, dari latar belakang ke- empat Figur ini , nantinya akan menjadi ajang pembuktian dari kepiawaian mereka dalam memenangkan paslon yang mereka usung di Pilkada mendatang. Apakah sesuai target atau tidak dan siapa pemenang Pilkada Sulut nanti, kita tunggu saja Voting day 09 Desember 2020.

Penulis : Gun